DETERMINAN MODEL PILIHAN MODA TRANSPORTASI DI KAWASAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Abia Gustiano Delaperta Sutomo(1*), Sutan Parasian Silitonga(2), Murniati Murniati3(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Universitas Palangka Raya memulai gerakan peduli lingkungan dengan merencanakan 80% kampus hijau pada tahun 2034, salah satunya dalam bidang transportasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda, memperoleh model pemilihan moda antara moda konvensional, sepeda elektrik dan bus elektrik di Kawasan Universitas Palangka Raya. Survai yang dilakukan adalah stated preference untuk membentuk model saat ini dan model simulasi dimasa mendatang. Pengolahan data dan analisis dilakukan untuk melihat kesesuaian model dengan melakukan uji statistik. Faktor yang secara statistik signifikan mempengaruhi variabel tetap adalah variabel jenis kelamin, jarak rumah ke UPR, waktu tempuh menggunakan sepeda motor, ketersediaan moda di rumah dan life style. Berdasarkan model yang terbentuk, peluang moda transportasi ramah lingkungan dapat ditingkatkan dengan menyediakan moda transportasi ramah lingkungan yang aman, nyaman, cepat, tepat waktu, serta kuantitas moda yang memenuhi kebutuhan transportasi seluruh sivitas akademika Universitas Palangka Raya.

Kata Kunci: pilihan moda, transportasi ramah lingkungan, multinomial logit, stated preference

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


de Dios Ortúzar, J., & Willumsen, L. G. (2011). Modelling transport. John wiley & sons.

Miro, F. (2005). Perencanaan transportasi untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi. Erlangga, Jakarta.

Morlok, E. K. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, hlm. 451-483. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pearmain, D., & Kroes, E. P. (1990). Stated preference techniques: a guide to practice.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan pemodelan transportasi. Penerbit ITB




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6438

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.