STUDI KELAYAKAN TEMPAT PARKIR PENGUNJUNG ADA SWALAYAN SETIABUDI KOTA SEMARANG

Aris Krisdiyanto(1*), Kemmala Dewi(2), Agustinus Sungsang Nana Patria(3)

(1) Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
(3) Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
(*) Corresponding Author

Sari


ADA Swalayan Setiabudi terletak di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, sehingga ramai pengunjung terlebih pada hari Sabtu dan hari libur. Permintaan ruang parkir menjadi bermasalah ketika kurangnya area parkir pada jam puncak karena permintaan lebih besar dari kapasitas ruang parkir yang ada, dan terhambatnya manuver masuk dan keluar tempat parkir sehingga tertundanya pengunjung yang akan parkir. Penelitian ini bertujuan untuk studi kelayakan ruang parkir pengunjung baik tempat parkir mobil penumpang dan motor di ADA Swalayan Setiabudi, yang selanjutnya dicari pemecahan masalah dalam upaya mengoptimalisasi ruang parkir yang ada sehingga menjadi lebih baik lagi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, yang terbagi menjadi dua yaitu: survei pengamatan di lapangan dan survei melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas parkir di hari puncak tidak memenuhi syarat dikarenakan kendaraan yang parkir per jamnya lebih banyak dari kapasitas parkir. Nilai indeks parkir (IP) < 1 artinya kebutuhan parkir tidak melebihi daya tampung , sehingga masih dikatakan “layak”. Hasil kuesioner analisa tingkat kepuasan pengguna parkir masuk dalam kategori “cukup layak”. Adapun pemecahan masalah yang dapat dilakukan untuk mengoptimalisasikan ruang parkir yaitu dengan penambahan petugas parkir tertutama pada kondisi puncak, memperjelas rambu penunjuk arah yang ada di dalam ruang parkir untuk memperlancar jalur sirkulasi parkir dan menerapkan batasan waktu parkir dengan tambahan tarif, hal ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan parkir.

Kata kunci: studi kelayakan, parkir, jam puncak, survei lapangan, kuesioner

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abubakar, Iskandar. 2011. Parkir: Pengantar Perencanaan dan Penyelenggaran Fasili-tas Parkir. Jakarta: Gastama Media.

Alkam, R.B., Muin. S.A., Suwadiman dan Wahyudi, I. 2020. Analisis Karakteristik Dan Ketersediaan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Jurnal Po-tensi. Vol. 22. No. 2. 129-138. Politeknik Negeri Bandung.

Badan Pusat Statistik Kota Semarang. 2020. Kota Semarang dalam Angka Tahun 2020. Semarang.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan Dan Pen-goperasian Fasilitas Parkir. Jakarta.

Hobbs, F.D. 1995. Traffic And Engineering, Second Edition (Terj: Suprapto T.M. dan Waldjono). Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Listifadah dan Hartono. 2019. Studi Penataan Parkir Di Wilayah Central Bussines Dis-trict Kabupaten Pati. Jurnal Penelitian Transportasi Darat. Vol. 2. No. 2. 165-182. Puslitbang Transportasi Jalan Dan Perkeretaapian.

Munawar, Ahmad. 2009. Manajemen Lalulintas Perkotaan. Beta Offset. Yogyakarta.

Nabal, A.R.J. 2014. Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil. Vol. 13. No. 1. 32-44. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Pemerintah Kota Semarang. 2021. Peraturan Walikota Semarang Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Tarif Retribusi Tempat Khusus Parkir. Semarang.

Pradana, M.F., Bethary, R.T. dan Amir, A.L. 2018. Analisis Pengaturan Pola Parkir Dan Kebutuhan Parkir (Studi Kasus Stasiun Tangerang). Jurnal Fondasi. Vol. 7. No. 2. 41-52. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Pramono, G., Rangkuti, N.M. dan Lubis, M. 2019. Analisa Durasi Dan Kapasitas Parkir Manhattan Times Square. Journal Of Civil Engineering, Building And Transportation. Vol. 3. No. 1. 1-10. Universitas Medan Area.

Raharjo, A.D.A. 2011. Analisis Kapasitas Ruang Parkir RSUD Dr. R. Koesma Tuban-Jawa Timur. Skripsi Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Republik Indonesia. 2009. Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Sidik, M.F. 2019. Analisis Kapasitas Ruang Parkir Off Street Sepeda Motor Di Grage Mall Cirebon. Skripsi Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik Universitas Semarang.

Surandono, A. dan Ariya, A.P. 2017. Analisis Kapasitas Parkir Kendaraan Pada Ru-mah Sakit Umum Muhammadiyah Metro. Jurnal Tapak. Vol. 7. No. 1. 81-89. Uni-versitas Muhammadiyah Metro.

Syaiful, Rulhendri dan Syaifudin, A. 2018. Analisis Kapasitas Parkir Di Sekitar Stasiun Bogor. Media Teknik Sipil. Vol. 16. No. 1. 52-59. Universitas Muhammadiyah Malang.

Tamin, O.Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. ITB Press. Bandung.

Tobing, D.M.L. 2007. Parkir dan Perlindungan Hukum Konsumen. PT. Timpaui Agung. Jakarta.

Waris, S. dan Tammabella, I.R. 2020. Analisis Kapasitas Ruang Parkir Pasar Sentral Kota Majene. Bandar : Journal Of Civil Engineering. Vol. 2. No. 2. 18-22. Univer-sitas Sulawesi Barat.

Wells, G.L.. 1993. Rekayasa Lalu Lintas (Terj: Warpani, S.). Bhratara. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.