KINERJA SISA UMUR RENCANA JALAN BERDASARKAN PERTUMBUHAN LALU LINTAS DI KOTA PALANGKA RAYA

Robby Bagaskara(1*), Desi Riani(2), Murniati Murniati(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Perubahan volume lalu lintas pada ruas jalan Rajawali di kota Palangka Raya memberikan dampak terhadap kondisi jalan dan umur jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sisa umur jalan dan untuk mengetahui besarnya nilai derajat kerusakan pada jalan. Pengumpulan data LHR diperoleh dari hasil survei di lapangan. Perhitungan sisa umur jalan menggunakan metode Bina Marga 2013 dan AASHTO 1993, yang diperoleh dari nilai jumlah kendaraan dan nilai Equivalent Standard Axle Load (ESAL) kendaraan dalam keadaan normal. Berdasarkan hasil analisis sisa umur rencana jalan, pada ruas jalan Rajawali dari arah Segmen (Simpang 4 Tingang – Rajawali)  mempunyai sisa umur yaitu 66,95 % dan dari jalan Rajawali dari arah Segmen (Simpang 4 Badak – Rajawali) mempunyai sisa umur yaitu 71,86 %. Dari hasil perhitungan nilai derajat kerusakan jalan pada kendaraan, didapatkan bahwa truk 2 sumbu yang memiliki beban >20 ton mengalami overloading karena roda bagian belakang kelebihan 4,8630 sehingga menjadi tidak aman, truk 3 sumbu yang memiliki beban >30 ton juga mengalami overloading karena roda bagian belakang kelebihan 5,3810 sehingga menjadi tidak aman, dimana keduanya sama dengan truk yang memiliki 3 - 4 as tunggal yang lewat.

Kata Kunci  : Sisa Umur  Jalan, Kerusakan Dini, LHR

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AASHTO. 1993. AASHTO Guide for Design of Pavement Structure. Washington, D.C. 629 hlm.

Anggista, Randi, “Analisis Beban Kendaraan Terhadap Derajat Kerusakan Dan Umur Sisa Perkerasan (Studi Kasus : Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Payung Sekaki)” Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru.

Arbani, Faisal Rifqi, “Analisis Kerusakan Dini Akibat Perubahan Volume Lalu Lintas Pada Perkerasan Lentur (Studi Kasis : Ruas Jalan Ahmad Yani Kartasura)”. Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Departemen Pekerjan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen.

Ditjen Binamarga. 2013. Manual Desain Perkerasan Jalan No 02/M/BM Tahun 2013. Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.187 hlm.

Hardiyatmo HC. 2019. Perancangan Perkerasan Jalan Dan

Penyelidikan Tanah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Koestalam, P., Sutoyo. 2010, Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Jenis Lentur dan Jenis Kaku (Sesuai AASHTO, 1986 & 1993).

Sukirman. S, 1996, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung.

Willy, Morisca, “Evaluasi Beban Kendaraan Terhadap Derajat Kerusakan Dan Umur Sisa Jalan Studi Kasus : Ppt. Simpang Nibung Dan Ppt. Merapi Sumatera Selatan” Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.