ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PADA JALAN RAJAWALI KOTA PALANGKA RAYA

Bangun Siagin(1*), Desi Riani(2), Salonten Salonten(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Pemeliharaan jalan merupakan upaya untuk meningkatkan kembali kondisi jalan yang layak secara fungsional serta layak secara struktural. Bentuk pemeliharaan jalan tergantung dari hasil penilaian kondisi kerusakan permukaan jalan yang terjadi pada jalan tersebut. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan permukaan jalan, nilai  kerusakan jalan dan urutan prioritas penanganan pada Jalan Rajawali dengan menggunakan Metode Bina Marga 1990. Setelah dilakukan pengukuran, Jalan Rajawali memiliki panjang jalan ±5.765 meter, adapun data primer yang dibutuhkan yaitu data inventaris jalan, data kerusakan jalan dan data volume lalulintas sedangkan data sekunder yang dibutuhkan data umur jalan dan peta lokasi penelitian. Hasil analisis pada Jalan Rajawali diketahui bahwa jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut yaitu tambalan, retak, lubang, alur, bergelombang, amblas dan pelepasan butir. Nilai kerusakan jalan pada masing-masing segmen yaitu (15, 15, 15, 10 dan 9). Untuk urutan prioritasnya yaitu segmen I, II, III, termasuk pemeliharaan berkala dan segmen IV, V termasuk pemeliharaan rutin.
Kata kunci : Jenis Kerusakan Jalan, Nilai Kerusakan, Urutan Prioritas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 1983. Manual Pemeliharaan Jalan No. 03/MN/B/1983. Jakarta: Dirjen Bina Marga DPU.

Anonim. 1990. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota, Jakarta: Dirjen Bina Marga DPU.

Anonim. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta: Dirjen Bina Marga DPU.

Bolla, M.E. 2012. Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang). Jurnal Teknik Sipil, Vol 1 No. 3, 104-116, Malang.

Handoyo, A.H. 2016. Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Perkotaan Kabupaten Wonosobo). Skripsi Universitas Muhamamadiyah Purworejo, Purworejo.

Hardiyatmo, H.C. 2015. Pemeliharaan Jalan Raya, Edisi Ke II. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6423

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.