ANALISA PERBANDINGAN PERHITUNGAN KAPASITAS RUAS JALAN METODE PKJI 2014 DENGAN METODE GREENSHIELD, GREENBERG DAN UNDERWOOD

Nur Maya Sari(1*), Salonten Salonten(2), Supiyan Supiyan(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Jalan Ahmad Yani adalah salah satu jalan perkotaan yang terdapat di kota Palangka Raya yang memiliki volume lalu lintas kendaraan cukup tinggi. Untuk mengetahui bagaimana keadaan lalu lintas yang terjadi maka dilakukan analisa kapasitas jalan Ahmad Yani dengan metode PKJI 2014 dan membuat perbandingan perhitungan kapasitas jalan menggunakan metode Greenshield, Greenberg dan Underwood. Dilakukan survei selama 5 hari, dengan menggunakan metode PKJI 2014 dan membandingkan antara tiga model untuk mengetahui hubungan matematis antara parameter Volume–Kecepatan−Kepadatan dan koefisien determinasi (R2) yang tertinggi untuk lima hari survei. Dari ketiga model didapatkan untuk Model Greenshield, Koefisien determinasi tertinggi di peroleh hari selasa pada segmen ruas jalan AIS  Nasution–W. Sudirihosodo dengan R2  = 0,471 dengan Kapasitas


,

 

(Vm)   =   1477,135  skr   ,   Kepadatan   (Dj)=81,139  skr


Kecepatan   maksimum


jam                                                                           km

(Sm)=36,41 km/jam. Untuk Model Greenberg Koefisien determinasi tertinggi di

peroleh pada hari kamis pada segmen jalan W. Sudirohosodo–AIS Nasution dengan

R2=0,392, Kapasitas (Vm)=3179,956 skr/jam, Kepadatan (Dj)=506,386 skr/km, Kecepatan maksimum (Sm)=17,07km/jam. Untuk model Underwood Koefisien

determinasi tertinggi di peroleh pada hari selasa segmen ruas jalan AIS Nasution–

W.    Sudirihosodo    dengan    R2=0,489,    Kapasitas    (Vm)=1705,128 skr/jam, Kepadatan (Dm) V=58,82skr/km, Kecepatan maksimum (Sm)=28,988 km/jam.

Dari tiga model yaitu Greenshield, Greenberg, dan Underwood yang mendekati

dengan nilai kapasitas menggunakan PKJI 2014 dengan kapasitas Vm=2794,1 skr/jam adalah model Underwood pada hari jumat pada segmen 2 arah H. Ikap– Iskandar dengan kapasitas Vm=2800,382 skr/jam dengan r2=0,243 hubungan antara

(S-D)  68,511x exp (−D/111,11)  persamaan  (V-S)V=111,11  Sx  Ln  (68,511/S)

persamaan (V-D) V=68,511.D exp (-D/111,11).

Kata kunci: greenberg, greenshield, underwood, kapasitas PKJI 2014

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Google inc. 2020. Google Maps: Peta Lokasi Jalan Ahmad Yani Kota Palangka

Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Anonim, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, 2014, Kementerian PUPR, Jakarta.

Hobbs, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gajah Mada Universitas

Press, Yogyakarta.

Morlock, E. K., Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi (Terjemahan), Erlangga, Jakarta.

Oglesby, Clarkson Hicks., Teknik Jalan Raya Jilid I (Terjemahan). Gramedia.

Jakarta.

Pignataro, Louis J., Traffic Engineering Theory and Practice, Prentice Hall, Inc.

USA Wohl and Martin., Traffic System Analysis for Engineers and Planners, McGraw-Hill Book Company, New York




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i1.5276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.