PENGARUH PENGGUNAAN FLY ASH ABU SERBUK KAYU DAN KAPUR TERHADAP KUAT GESER DAN DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG

Poni Yulianti(1*), Suradji Gandi(2), Okrobianus Hendri(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengujian kuat geser langsung pada tanah lempung yang disubstitusi dengan material fly ash, abu serbuk kayu, dan kapur. Untuk itu pengujian ini dilakukan dengan campuran fly ash, abu serbuk kayu, dan kapur pada tanah lempung agar dapat dilihat seberapa kekuatan geser pada beban yang berada diatas tanah tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dan analitikal yaitu dengan mencari  daya dukung dan  kuat geser terhadap tanah lempung dengan campuran fly ash, abu serbuk kayu dan kapur. Untuk mengetahui pengaruh fly ash, abu serbuk kayu pada tanah lempung dengan peningkatan nilai sudut geser tanah (ø) tertinggi pada fly ash, abu serbuk kayu dan kapur 3 hari terdapat pada persentase campuran tanah 15 % sebesar = 20º dengan persentase kenaikan sebesar = 5,2%  dari tanah asli dan pada fly ash, abu serbuk kayu dan kapur 7 hari pada campuran 15% sebesar = 21º dengan persentase sebesar 2,9% dari tanah asli. Sedangkan peningkatan nilai kohesi (c) tertinggi fly ash, abu serbuk kayu dan kapur  3 hari terdapat pada persentase campuran 10% sebesar = 0,198 kg/cm2 dengan persentase kenaikan sebesar = 0,8% dari tanah asli dan pada fly ash, abu serbuk kayu dan kapur 7 hari pada campuran 15% sebesar = 0,23 kg/cm2 dengan persentase sebesar = 4% dari tanah asli.

 

Kata kunci: kuat geser daya dukung tanah, tanah lempung, uji geser langsung


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Google Earth. 2020. Google Earth: Peta Lokasi Desa Bukit Rawi, Kecamatan

Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Agung, Hendri. 2014. Studi Pengaruh Pertambahan Serat Serabut Kelapa Terhadap Nilai Stabilitas Tanah Lempung Pada Pengujian Kuat Geser. Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Palangka Raya.

Anita. 2010. Stabilisasi Tanah Lempung Batola Menggunakan Campuran Limbah Karbit dan Abu Batubara. Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Palangka Raya.

Wahyuni, Ida. 2004. Penggunaan Batu Kapur Sebagai Bahan Alternatif Stabilitas Tanah Dasar. Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Palangka Raya.

Prasenda, Christian, Setyanto, dan Iswan. 2015. Pengaruh Penambahan Pasir Terhadap Tingkat Kepadatan dan Daya Dukung Tanah Lempung Lunak. JRSDD, Vol 3(1): 91-102

Wesley, L. D. 1973. Mekanika Tanah. Jakarta : Badan Penerbit Pustaka Umum




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i1.5275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.