ANALISIS PENGGUNAAN LIMBAH PLASTIK JENIS POLYSTYRENE (PS) SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN PADA CAMPURAN (HRS-WC)

Pulung Pulung Hudoyo(1*), Desi Riani(2), Robby Robby(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Plastik jenis Polystyrene (PS) merupakan bahan yang mengandung senyawa polimer. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan limbah jenis plastik Polystyrene  (PS)  sebagai  bahan  tambah  terhadap  aspal  campuran  Hot  Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC). Pengujian Marshall I ditujukan untuk mendapatkan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) yang terbaik dari komposisi I, II dan III direncanakan dengan variasi kadar aspal 6%, 6,5%, 7%, 7,5% dan 8%, selanjutnya pengujian Marshall II menggunakan komposisi. KAO yang telah diperoleh dari pengujian tahap pertama dengan bahan tambah plastik jenis PS variasi kadar bahan tambah 0%, 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% terhadap berat aspal yang diperoleh dari KAO. Hasil pengujian Marshall dengan proporsi agregat kasar sebesar 35%, abu batu sebesar 27% dan pasir sebesar 38% pada komposisi II pengujian Marshall I diperoleh nilai KAO terbaik sebesar 7,38% dibandingkan dengan komposisi I dan III. Pengujian Marshall II dengan penambahan plastik jenis PS pada variasi kadar bahan tambah yang sudah direncanakan terhadap berat aspal KAO, Parameter Marshall memenuhi spesifikasi, terkecuali nilai Void In Mixture (VIM) pada penambahan kadar plastik sebesar 10% yang nilainya yaitu

3,79%. Dari hasil evaluasi sifat karakteristik Marshall diperoleh rentang Kadar Plastik Optimum 0% hingga 8,7% memenuhi semua persyaratan Spesifikasi Bina Marga 2018. Penambahan plastik  jenis Polystyrene (PS) ternyata memberikan pengaruh pada campuran aspal panas HRS-WC dan meningkatkan kualitas karakteristik Marshall serta dapat direkomendasikan sebagai bahan tambah untuk meningkatkan mutu perkerasan lentur jalan raya.

Kata Kunci: HRS-WC, KAO, Marshall, Polystyrene (PS)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2018. Spesifikasi Umum Devisi 6 Perkerasan Aspal. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga.

Bina Marga, 2018. Spesifikasi Umum Direktorat Jenderal Bina Marga

Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta.

Desriantomy. 2007. Penuntun Praktikum Bahan Perkerasan Jalan Raya. Fakultas

Teknik Universitas Palangka Raya.

Frengki, Hartono Sitorus. 2018. Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan Tambah Campuran Aspal Pada Pekerasan Jalan AC-WC Terhadap Nilai Marshall), Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Medan Area, Medan.

Sutrisna, Puja. 2013. Perbandingan Karakteristik Marshall Asbuton Modifikasi Dengan Aspal Penetrasi 60/70 Pada Campuran Asphalt Concrete – Wearing Course (Ac-Wc). Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Puslitbang Jalan dan Jembatan, 2017. Teknologi Campuran Beraspal

Menggunakan Limbah Plastik, Solo.

Rahmawati, 2016. Pengaruh Limbah Padat Styrofoam Dengan Variasi Kadar

%, 1%, 2%, 3%, 4%, 5%, Dan 6% Pada Campuran HRS-WC Ditinjau Dari Karakteristik Marshall, Laporan Penilitian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Sukirman, S. 2003. Beton Aspal Campuran Panas, Granit, Jakarta.

Yahya, Y. (2018), Analisis Karakteristik Marshall Campuran Hot Rolled Sheet Wearing Course (HRS-WC) Menggunakan Bahan Tambah Plastik Bekas Jenis Polyethylene Terephthalate (PET), Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya, Palangka Raya




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i1.5158

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.