STUDI PERENCANAAN ALUR KAPAL DI BELOKAN SUNGAI KAHAYAN KOTA PALANGKA RAYA

Amelda Eva Adelina(1*), Nomeritae Nomeritae(2), Hendro Suyanto(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Gerusan dan sedimentasi seringkali terjadi pada penggal tertentu Sungai Kahayan yang berada di sekitar belokan. Hal tersebut disebabkan karena kecepatan aliran pada belokan yang cenderung tidak stabil. Kondisi tersebut tentu akan mempengaruhi alur pelayaran sungai yang digunakan oleh masyarakat untuk berbagai aktivitas. Penggal Sungai Kahayan yang diteliti adalah penggal Muara Rungan hingga Hantasan Kudung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kondisi arus dan sedimentasi pada lokasi penelitian, (2) memprediksi  volume sedimen  yang  harus  dikeruk  sehingga mendapatkan  alur pelayaran  yang  optimal,  dan  (3)  mengestimasi besaran  biaya  yang  diperlukan untuk pekerjaan pengerukan tersebut. Analisis hidrologi dilakukan untuk mendapatkan besaran debit yang diperoleh dari hasil pengukuran kecepatan dan tampang melintang sungai. Analisis hidraulika untuk memodelkan arus dan sedimentasi menggunakan perangkat lunak Surface Water Modelling System (SMS).   Dari   penyesuaian   pemodelan   Resources   Management   Associates-2 (RMA2) dan Two-Dimensional Sediment Transport Numerical Model (SED2D) dalam modul SMS, didapat nilai kecepatan aliran 0,192 m/detik- 0,608 m/detik yang arahnya semakin ke hilir pada sisi luar tiap belokan berpotensi terjadinya gerusan.  Untuk  mendapatkan  alur  pelayaran  yang  optimal  bagi  kapal  barang dengan kapasitas 3.000 DWT beroperasi, perlu dilakukan pengerukan sedimen dengan  volume  sebesar  272.405,44  m3   dengan  estimasi  anggaran  biaya  Rp.

6.709.412.678,41.

Kata kunci : sungai, alur pelayaran, SMS, RMA2, SED2D

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asdak, Chay. 2002. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Maryono, A. 2017. Eko-Hidraulik Pengelolaan Sungai Ramah Lingkungan.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nomeritae, Saputra, R. H. 2018. Aproksimasi Potensi Penurunan Dasar Sungai Bermeander Pada Penggal Sungai Seruyan Di Desa Hanau Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Tahunan V, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, 1 Desember.

Prabowo, C. A. A. 2017. Analisis Sedimentasi Sungai Kahayan Segmen Dermaga Tugu Sampai Muara Rungan Berdasarkan Pengukuran Batimetri di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Tugas Akhir Jurusan Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya.

Syamsudin, A.P., Muliati, Y., Madrapriya, F. 2017. Studi Perencanaan Alur Pelayaran Optimal Berdasarkan Hasil Pemodelan Software SMS-8.1 di Kolong Bandoeng, Belitung Timur. Jurnal Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i1.5144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.