ANALISIS KINERJA BUNDARAN JOEANG DI KOTA PALANGKA RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
(1) Universitas Palangka
(2) Universitas Palangka
(3) Universitas Palangka
(*) Corresponding Author
Sari
Bundaran Joeang merupakan salah satu bundaran yang ada di Kota Palangka Raya yang dilewati oleh kendaraan yang keluar dan masuk kota maupun pergerakan kendaraan dalam kota. Kondisi daerah sekitar Bundaran Joeang mengakibatkan terjadinya arus lalu lintas perjalanan yang cukup besar karena adanya perkantoran, perumahan, sekolah, taman, rumah jabatan dan berbagai aktifitas olahraga. sehingga dilakukan analisis kinerja Bundaran Joeang terhadap pergerakan arus lalu lintas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya arus lalu lintas yang melewati bundaran tersebut terutama pada saat jam-jam sibuk, kinerja bundaran pada saat ini maupun yang akan datang menggunakan acuan (MKJI) 1997. Hasil analisis menunjukkan bahwa bagian jalinan Bundaran Joeang tahun 2021 memiliki nilai arus bagian jalinan yang terbesar yaitu 677 smp/jam, jalinan DA (Jalan Letkol Chr. Binti–Jalan Seth Adjhi), kapasitas terbesar jalinan DA (Jalan Letkol Chr. Binti -Jalan Seth Adjhi), 5,177 smp/jam, derajat kejenuhan tertinggi dari jalinan CD (Jalan Seth Adjhi–Jalan Letkol Chr. Binti) 0,158, tundaan lalu lintas bundaran rata-rata (DTR) 1,85 det/smp, tundaan bundaran rata-rata (DR) 5,85 det/smp, karakteristik tingkat pelayanan pada kondisi sekarang adalah kelas A. Hasil perhitungan proyeksi
10 tahun akan datang berdasarkan pertumbuhan kepemilikan kendaraan terjadi peningkatan dimana untuk nilai arus bagian jalinan yang terbesar pada jalinan CD (Jalan Seth Adjhi–Jalan Letkol Chr. Binti) 4.276 smp/jam, Kapasitas terbesar lengan DA (Jalan Letkol Chr. Binti -Jalan Seth Adjhi) 7.087 smp/jam, tingkat pelayanan menurun dari kategori A pada tahun
2021 menjadi kategori B tahun 2031.
Kata Kunci : Jalinan, Bundaran, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Tingkat Pelayanan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alamsyah, A. (2005), Rekayasa Lalu Lintas, Universitas
Muhammadiyah Malang, Malang.
Direktorat Jendral Bina Marga (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Sweroad Bekerjasama dengan PT.Bina Karya, Jakarta.
Hobbs, F.D (1995), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gadjah Mada
University Press, Yogyakarta.
Kurniawan, R, (2013), Analisis Kemampuan Bundaran KB Kota Sampit Dalam Melayani Arus Lalu Lintas. Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Palangka Raya.
Morlok, E. K, (1991), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi,
Erlangga, Jakarta.
Mulyawan, S. H, (2010), Analisis Kemampuan Bundaran Dalam Melayani Arus Lalu Lintas. (Studi Kasus Bundaran Dharma Wanita Kota Buntok). Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya, Palangka Raya.
Sudjana. (1991), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
Transportation Research Board (2006), Highway Capacity Manual,
TRB Special Report, Washington D.C.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i1.5142
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.