ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN PADA RUAS JALAN TANJUNG SERDANG-STAGEN KABUPATEN KOTABARU

Adhi Surya(1*), Abdurrahman Abdurrahman(2), Buzman Buzman(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Kecelakaan lalu lintas sangat sering terjadi dan banyak menimbulkan kerugian. Akibat dari kecelakaan lalu lintas berupa kerusakan terhadap fasilitas-fasilitas umum dan timbulnya korban yang meninggal dunia. Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi akibat dari faktor manusia. Kemungkinan penyebab kecelakaan adalah kelalaian dari manusia itu sendiri. Kelalaian yang menimbulkan kecelakaan lalu lintas, misalnya pengemudi kehilangan konsentrasi, lelah dan mengantuk, pengaruh alkohol dan obat, kecepatan melebihi batas atau ugal-ugalan, kondisi kendaraan bemotor yang kurang baik serta kurang pahamnya pengemudi tentang aturan berlalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor penyebab kecelakaan dengan menggunakan data dari Polres Kotabaru dan dengan survei langsung kelapangan di ruas Jalan Tanjung Serdang-Stagen Kabupaten Kotabaru. Metode yang digunakan adalah campuran kuantitatif-kualitatif-deskriptif. Dengan tahapan survei, pengambilan data primer dari hasil pengukuran langsung di lapangan (Wawancara) dan data sekunder didapatkan dari Polisi Resort Kota (Polresta) Kabupaten Kotabaru dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotabaru, analisis data dengan melakukan analisis Black Spot dan melihat faktor dominan penyebab kecelakaan, lalu dibahas hasilnya dan disimpulkan. Berdasarkan analisis dapat disimpulan yaitu titik Black Spot pada ruas jalan tanjung serdang-stagen sebanyak 3 titik sepanjang 29 km yaitu di km 9-10,20-21 dan 26-27. Dimana pada ruas jalan ini kecelakaan disebabkan karena kelalaian pengendara dan terlalu cepat mengendarai kendaraan, di samping itu faktor umur juga menyebabkan terjadinya kecelakaan.

 

Kata Kunci: Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan, Metode Campuran Kuantitaf Kualitatif Deskriptif, Ruas Jalan Tanjun Serdang-Stagen Kotabaru.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dephub, (2015) Rekayasa Lalulintas, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Jakarta.

Dadans, S.(2001) Analisa Kecelakaan dan Kereta Api di DAOP VIII Surabaya.Tesis Program Pasca Sarjana MRT ITS, Surabaya.

Beni, S.D. (2001) Analisa Faktor Kecelakaan Dalam Upaya Peningkatan Keselamatan Lalulintas Bagi Pemakai jalan Tol Surabaya – Gempol, Tesis Program Pasca Sarjana MRT ITS, Surabaya.

Muhammad, S. (2015) Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Lalulintas di Ruas Jalan Poros Samarinda – Anggana, Universitas 17 Agustus 1945

Integrated Road Management System (IRMS)

Sukirman, (1999) Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung

Direktorat Pengembangan Jalan Kota, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) phase IV 1997, Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum RI




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i2.4284

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.