ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI BORE PILE BERDASARKAN DATA SONDIR PADA PROYEK PEMBANGUNAN INSTALASI IBU KOTA KECAMATAN (IKK) PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN TANAH LAUT

Hendra Cahyadi(1*), Akhmad Gazali(2), Firman Al Hakim(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penyelidikan geoteknik merupakan pekerjaan yang menghasilkan data - data penunjang dalam pekerjaan perencanaan suatu bangunan. Didalam kegiatan perencanaan, penyelidikan geoteknik harus dilakukan secara baik sehingga dihasilkan gambaran yang jelas mengenai index properties dan engineering properties dari tanah. Analisis geoteknik dilakukan untuk dapat mengetahui stabilitas dan daya dukung tanah dalam menerima beban struktur diatasnya. Untuk mengetahui struktur tanah dan daya dukung tanah di lokasi perencanaan proyek pembangunan Instalasi Ibu Kota Kecamatan (IKK) Pelaihari Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tanah Laut maka dilakukan analisis perhitungan daya dukung tanah menggunakan data sondir dari dua titik sondir dengan menggunakan tiga metode yaitu metode Van Der Ween, metode Philipponant, dan metode Mayerhoff. Berdasarkan hasil perhitungan nilai daya dukung pondasi bore pile dengan menggunakan tiga metode dihasilkan nilai daya dukung yang berbeda – beda. Untuk perhitungan menggunakan metode Van Der Ween hasil nilai daya dukung ultimit (Qult) 213.20 ton dengan daya dukung izin (Qizin) 71.06 ton untuk titik sondir S.02 dan 193.52 ton dengan daya dukung izin (Qizin) 64,50 ton untuk titik sondir S.03. Perhitungan menggunakan metode Philipponant   hasil nilai daya dukung ultimit (Qult) 136.51 ton dengan daya dukung izin (Qizin) 45,50 ton untuk titik sondir S.02 dan 135, 06 ton dengan daya dukung izin (Qizin) 45,02  ton untuk titik sondir S.03. Dan untuk perhitungan metode Mayerhoff hasil nilai daya dukung ultimit (Qult) 654.37 ton dengan daya dukung izin (Qizin) 218,12 ton untuk titik sondir S.02 dan 702.73 ton dengan daya dukung izin (Qizin) 234,24 ton untuk titik sondir S.03.

 

Kata Kunci: sondir, daya dukung, Van Der Ween, Philipponant, Mayerhoff

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agril, F. Analisa Perhitungan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Dibandingkan Dengan Daya Dukung Hydraulik Jacking System Dan Pile Driving Analyzer (PDA) Test Pada Proyek Pembangunan Gedung Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri. Universitas Negeri Surabaya.

Andi, Y. 2014. Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Diverifikasi Dengan Hasil Uji Pile Driving Analyzer Test DAn Capwap. Universitas Bangka Belitung.Bowles, J.E. dan Hainim, J.K. 1991.Sifat-Sifat Fisik Dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Badan Standarisasi Nasional. Cara Uji Penetrasi Lapangan Dengan Alat Sondir. SNI 2827 - 2008

Banta C. 2013. Analisa Daya Dukung Pondasi Dengan Moetoda SPT, CPT, Dan Mayerhof Pada Lokasi Rencana Konstruksi PLTU Nagan Raya Provinsi Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Bowles, J.E. (1997). Analisis dan Desain Fondasi I, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

David A. Analisa Kapasitas Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Dengan Beban Vertikal Pada Proyek Pembangunan Gedung Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang,dan Permukiman Sumatera Barat, Universitas Bung Hatta.

Eko, S. 2015. Analisis Daya Dukung Tiang Pancang Dengan Menggunakan Metode Statik Dan Calendering. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Hardiyatmo, Hary Cristadi. 2002. Mekanika Tanah II. Erlangga. Jakarta.

Hendry, T.W. 2014. Analisis Pengujian Sondir Untuk Mengetahui Peningkatan Kekuaatan Tanah Sangat Lunak Di Lokasi Gate House Dalam Pekerjaan “Grouting At Semarang Pumping Statition And Retarding Pond”

Jesron, P. 2017. Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Perhotelan, Apartemen, Kondominium di Jalan Ring Road Medan. Universitas Medan Area. Indonesia.

Lilik, GA. 2016. Analisa Daya Dukung Tiang Pancang Menggunakan Data Insitu Test, Parameter Laboratorium Terhadap Loading Test Kantledge. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Muhammad S. 2017. Perbandingan Daya Dukung Ultimit Tiang Pancang Antara Metode Teoritis Dan Metode Aktual Dengan Konfigurasi Tiang Dan Kedalaman. Politeknik Negri Banjarmasin. Bnjarmasin.

Najoan.2002. Interpretasi Hasil Uji dan Penyusunan Laporan Penyelidikan Geoteknik. Badan Litbang PU Departemen Pekerjaan Umum.

Renaldi, C. 2019. Analisis Daya Dukung Pondasi Enlarged Base Berdasarkan Data N-SPT Dengan Program Microsoft Excel. Universitas Tarumanagara. Sosrodarsono, Suyono dan Kazuto Nakazawa. 2000. Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi. Pradnya Paramita, Jakarta.

Terzaghi, Karl dan Ralph B Peek.1993.Mekanika Tanah dalam Praktek Rekayasa Jilid2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Wahyudi, Herman. 1999. Daya Dukung Pondasi Dalam. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i2.4255

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.