ANALISIS LEBAR SELASAR PEJALAN KAKI PADA PASAR ANTASARI KOTA BANJARMASIN

Hudan Rahmani(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pejalan kaki merupakan salah satu bentuk lalu lintas dalam sistem transportasi, dan sangat dominan di daerah perkotaan, Central District Business (CBD) atau lokasi  yang  memiliki  permintaan  tinggi  dengan  periode  pendek  contohnya  di Pusat Perbelanjaan. Lebar efektif adalah salah satu faktor utama dalam perancangan, perencanaan, maupun pengoperasian fasilitas-fasilitas transportasi. Hasil studi ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan acuan dalam kaitannya dengan fasilitas-fasilitas transportasi  di  Indonesia, mengingat  belum adanya pembahasan mengenai hal ini pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), sedangkan hal  ini sudah dibahas dan  baru ada di Highway Capacity Manual (HCM-1985) dari Amerika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan  alat  kamera  video,  pada  waktu  kondisi  arus  puncak  dan  arus normal, di lokasi Selasar pada Pasar Antasari untuk mengetahui Lebar Efektif Selasar  berdasarkan  konsep  Level  of  Service  (LOS)  dari  HCM  (1985)  dari Amerika. Dari hasil perhitungan didapatkan Lebar Efektif Selasar pada waktu puncak menjelang lebaran Idul Fitri sebesar 0,594 m dengan ruang 1,69 m2/ped dan untuk waktu normal setelah lebaran Idul Fitri sebesar 1,08 m dengan ruang 3,063 m2/ped.

 

Kata kunci: Arus  pejalan  kaki,  selasar  lurus,  kecepatan,  kerapatan  atau ruang, lebar efektif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pushkarev, B. & M.J. Zupan. 1975. Urban Spaces for Pedestrian, The MIT Press, Cambridge, Mass

Transportation Research Board. 1994. Highway Capacity Manual, Special

Report 209, Washington DC.

Undang-Undang No. 14. 1992. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Arkola, Surabaya.

Wapolke, R.E. & R.H. Myers. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk

Insinyur dan Ilmuwan, Edisi ke-4, Institut Teknologi Bandung, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i2.4072

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.