MANAJEMEN RISIKO KONSULTAN PERENCANA KONTRUKSI DI KOTA BALIKPAPAN

Ferdy Kahandanie(1*), Mahfud Mahfud(2)

(1) Politeknik Negeri Balikpapan
(2) Politeknik Negeri Balikpapan
(*) Corresponding Author

Sari


Balikpapan sebagai kota penyangga Ibukota Negara (IKN) di Kalimantan Timur Ada beberapa masalah utama yang sering dihadapi oleh para penyelenggara konstruksi yang terkait dengan proyek pembangunan Gedung, baik yang bersifat teknis maupun non teknis. Terlebih dalam perencanaan, umumnya konsultan perencana pada proyek bangunan gedung mendapatkan kontrak untuk merencanakan sejumlah lokasi yang tersebar di suatu wilayah Pemerintahan. Tentu saja dalam melaksanakan perencanaan bangunan gedung tersebut konsultan perencana memiliki risiko. Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi risiko pada proyek perencanaan bangunan gedung. Penelitian ini difokuskan di kota Balikpapan. Studi ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk dapat memberikan suatu deskripsi yang akurat dan sistematik tentang suatu keadaan dan hubungan yang terjadi antar keadaan yang diteliti. Dengan menguji kevalidan dan reliabilitas data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa kelompok risiko yang harus dihadapi konsultan konstruksi. Tindakan penanganan risiko perlu dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari risiko – risiko yang termasuk dalam risiko dominan (major risk). Dari risiko – risiko dominan (major risk), dilakukan tindakan mengurangi risiko (risk reduction), mengalihkan risiko (risk transfer) dan menghindari risiko (risk avoidance), Keberadaan risiko-risiko yang tidak dapat diterima (unacceptable) harus mendapatkan perhatian khusus. Metode Penelitian Manajemen risiko konsultan perencana kontruksi di kota Balikpapan dilakukan melalui tahapan proses penelitian sebagai berikut: studi pustaka, survey lokasi, pengambilan data survey,wawancara dan kuisioner, tabulasi data, analisis data. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan jasa konsultan perencana proyek dan bila ada penelitian serupa dapat menjadi pengembangan inovasi penelitian selanjutnya.

 

Kata Kunci: manajemen Risiko, deskriptif kualitatif, dan Balikpapan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A Guide to The Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Fifth Edition,

, Publisher by: Project Management Institute,Inc. Pennsylvania 19073-3299

USA

Anonim, 2009, Konstruksi Manajemen Risiko, Konstruksi Bahasa Inggris untuk

Teknik Sipil Rumah ASTM Buku Teknik Sipil

Arie, Julius H. , Artama, I Putu W., 2008, analisis risiko Terhadap Waktu Penyelesaian Proyek pada Pembangunan Perumahan di Surabaya, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi VIII Program Studi MMT-ITS, Surabaya

Asiyanto, 2005, Manajemen Produksi untuk jasa konstruksi, Pradnya Paramita, Jakarta

COSO (The Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission), 2004, Enterprise Risk Management : Integrated Framework, download tanggal 15 Juni 2009

Darmawi, H. 2006. Manajemen Risiko. Cetakan kesepuluh. Jakarta : Bumi

Aksara.

Darmawi, H.,2006, Manajemen risiko, Bumi Aksara, Jakarta, Indonesia

Eriyanto. 2007. Teknik Sampling Analisis Opini Public. Jogjakarta ; Pelangi

Aksara.

Godfrey, P.S., Sir William Halcrow and Partners Ltd. 1996. Control of Risk A Guide to Systematic Management Of Risk from Construction. Wesminster London: Construction Industry Research and Information Association (CIRIA).Crouhy M, Galai D, Mark R. 2001. Risk Management. USA: McGraw Hill.

Mahadipta, N. G. 2010. “Analisis Risiko Pada Proyek Pembangunan Sentral

Parkir di Pasar Badung” (tesis).Badung; Universitas Udayana.

Menteri Hukum dan Hak asasi Manusia,2017.”Undang undang tentang jasa konstruksi No. 02 tahun 2017”. Jakarta : Kementrian Hukum dan HAM.

Smith N.J., 1999, “Managing Risk in Construction Projects”., London, Blackwell

Science

Soeharto I. 1999. Manajemen Proyek : dari Konseptual sampai Operasional.

Jakarta: Erlangga.

Stoneburner G, Goguen A, Feringa A. 2001. Risk Management Guide for Information Technology System. National Institute of Standart and Technology. US Departement of Commerce.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i2.4068

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.