ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR KENDARAAN RODA DUA DI KAMPUS UNISKA MAB BANJARMASIN

Adhi Surya(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Banjarmasin sebagai salah satu kota dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi menyebabkan peningkatan dalam aspek trasportasi dengan setiap harinya kemacetan yang sering terjadi menandakan bahwa pemakaian kendaraan di kota banjarmasin meningkat dengan cepat, dengan meningkatnya volume lalu lintas kendaraan maka dibutuhkan suatu ruang parkir untuk kendaraan. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) Banjarmasin adalah salah satu tujuan daripada mahasiswa dari berbagai daerah, mulai dari kota Banjarmasin sendiri sampai dari luar kota, dengan demikian setiap mahasiswa, dosen dan karyawan menggunakan transportasi sendiri-sendiri, mulai dengan transportasi umum sampai kendaraan pribadi. Kendala dari salah satu transportasi tersebut adalah kendaraa pribadi, dimana UNISKA harus menyediakan ruang parkir untuk kendaraan mahasiswa, dosen dan karyawan. Semakin bertambahnya pengguna kendaraan pribadi maka semakin banyaknya ruang yang harus disediakan untuk kebutuhan parkir. Sebelum adanya kebijakan pemerintah Kota Banjarmasin dalam hal ini Dinas Perhubungan melakukan larangan parkir dibahu jalan sepanjang Jalan Adhyaksa mengakibatkan semakin berkurangnya lahan parkir yang ada untuk mahasiswa, dosen dan karyawan. Dari pihak kampus setelah disediakan lahan untuk parkir, kini mahasiswa dan dosen dapat parkir di tempat tersebut. Tetapi pada kenyataannya lahan parkir itu masih tidak mampu menampung kendaraan roda dua mahasiswa, dosen dan karyawan untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan ruang parkir kendaraan roda dua di kampus UNISKA MAB Banjarmasin.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Perhubungan. 1993. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Departemen Perhubungan. 1996. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Departemen Perhubungan. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Sugiyono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Tamin, Ovyar Z. 2003. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Contoh Soal dan Aplikasi). Bandung: ITB.

Admin. 2012. Importance Performance Analysis (IPA). Ensiklopedia. Usulan Perbaikan Layanan Diklat Teknik Pusdiklat Mineral Dan Batu Bara Dengan Dimensi Student Statification Inventory (SSI) dan Metode Lean Sigma

Wahyuni, Rida. 2008. Pengaruh Parkir pada Badan Jalan terhadap Kinerja Ruas Jalan. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara

Suwardi. 2000. Diktat Mata Kuliah Angkutan Umum, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharmusi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukanadarummidi. 2002. Metode Penelitian dan Pedoman Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v2i2.2676

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.