PENGELOLAAN DAN PENGOLAHAN SAMPAH PASAR DESA GUDANG TENGAH MELALUI KONSEP 3 R DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Adhi Surya(1*), Dewi Ariefah Noor(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di berbagai daerah pada saat ini adalah penurunan daya dukung lingkungan sebagai akibat rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini dipicu oleh beberapa faktor, antara lain perubahan fungsi dan tatanan lingkungan, penurunan daya dukung lingkungan dan mutu lingkungan, tidak adanya keterpaduan pengelolaan sumber daya manusia, alam, dan buatan dalam pengelolaan lingkungan hidup antar berbagai pihak, kurang optimalnya pemanfaatan ruang kota, serta pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh adanya sampah. Tujuan suatu sistem pengelolaan sampah ialah mengkonversi sampah menjadi bahan yang berguna secara efisien dan ekonomis dengan dampak lingkungan seminimal mungkin. Untuk melakukan konversi sampah diperlukan adanya informasi tentang karakter sampah, karakter teknis teknologi konversi yang ada, karakter pasar dari produk pengolahan, implikasi lingkungan, persyaratan lingkungan, dan ketersediaan dana. Aktifitas pasar subuh desa gudang tengah dimulai dari jam 00.00 s.d. 08.00 WITA. Untuk aktifitas pasar tidak berhenti kecuali hari libur Agama Islam. Kebanyakan barang yang didagangkan adalah jenis sayur-mayur, buah-buahan dan ikan yang hidup. Terbukti dari sampah yang banyak adalah jenis sayur-mayur dan buah-buahan serta jenis sampah plastik. Pengelolaan Sampah Pasar melalui konsep 3R (Reduce-ReuseRecycle) dan Teknologi lingkungan. Oleh karena itu dipandang perlu untuk melakukan pengelolaan pasar subuh Desa Gudang Tengah Kabupaten Banjar dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin dengan mitra Desa Gudang Tengah Kabupaten Banjar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 1987. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Radar Jaya Offset. Bambang Wintoko, 2015. Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah.Yogyakarta: Pustaka baru Press, 2015 Foy, Nancy. 1994. Empowering People at Work, London: Grower Publishing Company. Hadiwiyoto, S. 1983. Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta: Yayasan Idayu. Kartikawan, Yudhi. 2007. “Pengelolaan Persampahan.” Jurnal Lingkungan Hidup, Yogyakarta. Laporan Potensi Desa Gudang Tengah, 2019.

Kodoatie, Robert J. 2003. Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ______________. 2005. Pengantar Manajemen Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moleong, Lexi J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sejati, Kuncoro, 2009. Pengolahan Sampah Terpadu Dengan Sistem Node, Sub Point, Center Point, Yogyakarta : Kanisius. Soekanto, Soerjono. 1983. Beberapa Teori Sosiologi tentang Struktur Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers. Soetomo. 2006. Strategi‐strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sumaryadi, I Nyoman. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Citra Utama. Profil Kabupaten Banjar Dalam Angka 2018, BPS, 2019. Tuti Kustiah. 2005. Kajian Kebijakan Pengelolaan Sanitasi Berbasis Masyarakat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pekerjaan Umum. Bandung. Yarianto, dkk. 2005. “Perlu Paradigma Baru Pengelolaan Sampah.” Jakarta. http://ww.sinarharapan.co.id, diunduh pada tanggal 5 Juni 2011. https://itk.ac.id/pengelolaan-sampah-modern-demi-sumber-energi-berkelanjutan/ http://lipi.go.id/berita/solusi-teknologi-terkini-pengolahan-sampah-/304 http://staffnew.uny.ac.id/upload/132255132/pengabdian/3-pengelolaan-sampahrumah-tangga-2008.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/26543/1/10250023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTARPUSTAKA%20%282%29.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v2i2.2675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.