KAJIAN POTENSI KETERSEDIAAN AIR PADA EMBUNG RANTAU BARU GUNA KEBUTUHAN AIR IRIGASI DI SUB DAERAH ALIRAN SUNGAI TAPIN

Akhmad Gazali(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Air merupakan sumberdaya alam yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kegiatan komersial seperti pertanian, air minum, industri dan usaha lainnya. Perkembangan suatu daerah akan menyebabkan kebutuhan air terus meningkat seiring dengan lajunya pertumbuhan penduduk dan taraf hidupnya. Kecenderungan yang sering terjadi adalah adanya ketidakseimbangan antara ketersediaan air dan kebutuhan air sehingga menimbulkan terjadinya krisis air. Tujuan yang ingin dicapai dalam tinjauan ini adalah untuk mengetahui jumlah ketersediaan air Embung Rantau Baru sepanjang tahun.

Dalam penulisan ini dilakukan analisis hidrologi yang terdiri dari analisis evapotranspirasi, analisis ketersediaan air dan analisis debit andalan di Embung Rantau Baru. Metode yang dipakai untuk menganalisis ketersediaan air adalah dengan metode NRECA, dimana metode ini mensimulasikan keseimbangan air bulanan pada suatu daerah pengaliran sungai tertentu yang ditunjukkan untuk menghitung total limpasan dengan menggunakan hujan bulanan, evapotranspirasi dan kelembaban tanah.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ketersediaan air Sungai Salak pada kondisi debit andalan (Q80%), debit paling rendah pada bulan Mei, Juni, Juli, Agustus dan September sebesar 0,000 m3/detik (volume air 0,000 m3) dan paling tinggi 0,287 m3/detik (volume air 0,767 juta m3) pada bulan Januari. Ketersediaan air di Embung Rantau Baru totalnya sebesar 2,712 juta m3/tahun.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2006, Laporan Akhir Identifikasi Masalah Pengelolaan Sumber Daya Air di Pulau Jawa, Direktorat Pengairan dan Irigasi, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta.

Anonim, 2007, Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Rantau Baru, Pemerintah Kabupaten Tapin, PT. M. 17 Engineering, Rantau.

Anonim, 2008, Rencana Kawasan Terpadu Kota Rantau Baru, Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Teknik, Banjarbaru.

Anonim, 2009, Pedoman Teknis Konservasi Air Melalui Pembangunan Embung/Dam Parit, Direktorat Pengelolaan Air, Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, Departemen Pertanian, Jakarta.

Anonim 1, 2018, Kabupaten Tapin, http://www.tapinkab.go.id, Diakses tanggal 26 Juli 2018.

Anonim 2, 2018, Kabupaten Tapin, http://www.wikipedia.co.id/kabupatentapin/, Diakses tanggal 26 Juli 2018.

Anonim 3, 2018, Siklus Hidrologi, http://www.physicalgeography.net/physgeoglos/, Diakses tanggal 11 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v2i2.2672

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.