SIMULASI PERGERAKAN BUS KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI

robiatul adawiyah(1*), eka purnamasari(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari mempunyai tiga kampus di Kalimantan Selatan yaitu di Banjarmasin, Anjir, dan di Banjarbaru. Kampus Banjarmasin merupakan kampus utama dari Universitas Islam Kalimantan. Bus Kampus ini telah beroperasi sejak beberapa tahun yang lalu. Awalnya pengoperasian bus kampus ini bertujuan untuk membantu para akademisi antar kampus Banjarmasin dengan kampus Banjarbaru. Namun, karena hanya memiliki 1 unit bus maka masih banyak para akademisi yang menggunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi untuk kekampus. Penelitian ini bertujuan untuk mensimulasi pergerakan kampus Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. Metodologi penelitian dilakukan dengan survei wawancara terhadap civitas akademik untuk dilakukan analisis dan evaluasi terhadap kapasitas bus dengan jumlah penumpang yang akan menggunakannya. Hasil dari penelitian ini didapat simulasi pergerakan bus kampus Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. Maka dari penelitian ini mengusulkan untuk adanya penambahan bus sebanyak 5 buah dan penambahan penjadwalan bus untuk operasi.

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari has three campuses in South Kalimantan, namely in Banjarmasin, Anjir, and in Banjarbaru. The Banjarmasin campus is the main campus of the Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. The campus bus has been operating since a few years ago. Initially the operation of the campus bus was aimed at helping academics between Banjarmasin campuses and the Banjarbaru campus. However, because it only has 1 bus unit, there are still many academics who use public transportation and private vehicles for Kekampus. This study aims to simulate the movement of the Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. The research methodology is carried out by interview surveys of the academic community for analysis and evaluation of the bus capacity with the number of passengers who will use it. The results of this study obtained a simulation of the bus movement of the Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. So from this study propose for the addition of 5 buses and the addition of bus scheduling for operations.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Moleong, Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Morlok, Edwar K. 1978. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi.Jakarta: Erlangga

Munir, A.A.S. 1991. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Gramedia

Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Salim, Abbas. 2008. Manajemen Transportasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Setjowarno, D. danFrazila, R.B. 2001.Pengantar Sistem Transportasi. Edisi Pertama.

Semarang: Universitas Katolik Soegija pranata.

Susantono, Bambang. 2009. 1001 Wajah Transportasi Kita. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama

Tamin,Ofzar.Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung :

ITB Press

Warpani, Suwarjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: ITB Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v2i1.2062

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.