ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN ARUS LALU LINTAS DENGAN MEMBANDINGKAN METODE GREENSHIELD DAN METODE GREENBERG (Studi Empiris Ruas Jalan Ahmad Yani Km 37 Kota Banjarbaru)

Muhammad Gunawan Perdana(1*), Adhi Surya(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Jalan Ahmad Yani adalah jalan utama yang menjadi akses penghubung antar kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam hal ini perlu dilakukan analisis hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model yang tepat dengan ruas jalan Ahmad Yani Km. 37 berdasarkan Model Greenshields dan Model Greenberg. Hasil analisis arah Banjarbaru menuju Martapura menggunakan Metode Greenshield diperoleh Qmaks = 1811,03smp/jam, Vm = 27,86 km/jam, dan D = 65,00 smp/km. Sedangkan menggunakan Metode Greensberg diperoleh Qmaks = 2686,34 smp/jam, Vm = 15,00 km/jam, dan D = 200 smp/km. Arah Martapura menuju Banjarbaru menggunakan Metode Greenshield diperoleh Qmaks=1817,05 smp/jam, Vm = 30 km/jam, dan D = 65,00 smp/km. sedangkan menggunakan Metode Greensberg diperoleh Qmaks = 2326,65 smp/jam, Vm = 18,61 km/jam, dan D sebesar 125smp/km. Metode yang tepat adalah Metode Greenshields dengan nilai koefisien determinasi R =0,892. Tingkat pelayanan yang didapat pada ruas jalan tersebut berada pada level C

Kata Kunci


Volume, Kecepatan, Kepadatan, Metode Greenshields, Greenberg

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdi, G.N., Priyanto, S., Malkamah, S. (2019). hubungan volume kecepatan dan kepadatan lalu lintas pada ruas jalan padjajaran (ring road utara), sleman. Teknisia Volume 24 Nomor 1 ISSN

-8557

Ariadi,. Isya, M., Caisarina, I. (2016). Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalu Lintas (Studi Kasus Jembatan Lamnyong, Jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh). Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala. Hal 279-290.

Direktorat Pembangunan Jalan Perkotaan. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Penerbit: Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota. (1999). Rekayasa Lalu Lintas. Penerbit: Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta.

Fardiani, H. (2020). Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Ruas Jalan Otto Iskandar Dinata Bandung., Hal 56-63.

Juanda, A., Isya, M., & Fadhly, N. (2019). Hubungan Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Dengan Model Greenshield, Greenberg, Dan Underwood Pada Ruas Jalan Luar Kota Kawasan Gunung Geurutee. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan. 2: 286-293.

Kriswardhana, W., Widanar, M.S., Arifin, S., & Sulistyono, S. (2020). Model Hubungan Arus, Kecepatan, Dan Kepadatan Dijalan Empat Lajur Dua Arah. Teras Jurnal. 10: 89-99.

Mcshane, W. R & Roes, R. P. (1990). Traffic Engineering. Penerbit: Prentice Hall, Inc. New Jersey.

Morlok, Edward.K. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Penerbit: Erlangga. Jakarta.

Oglesby, C. (1991). Teknik Jalan Raya. Erlangga.

Jakarta.

Saputra, B., & Savitri, D. (2021). Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalu-Lintas Berdasarkan Model Greenshield, Greenberg, Dan Underwood. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. 5: 43-57.

Sunardi, D., Farida, I., & Ismail, A. (2013). Studi Analisis Hubungan Kecepatan, Volume, Dan Kepadatan Dijalan Merdeka Kabupaten Garut Dengan Metode Greenshield.

Tanti, Y., Agustaniah, R. ST.,MT., & Tukiman, ST.,MT. (2017). Studi Antara Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Pada Ruas Jalan Slamet Riyadi Samarinda.

Thalib, M.T.N. (2018). Analisis Hubungan Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Prof.Dr.H.B. Jassin Dengan Membandingkan Metode Greenshield Dan Metode Greenberg. Radial. 6: 59-

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

Widodo, W., Wicaksono, N., & Harwin. (2012). Analisis Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalu Lintas Dengan Metode Greenshield Dan Greenberg , Jurnal Ilmiah Semesta Teknika. 15: 178-184.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v6i1.11684

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.