PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER

Shalahuddin Shalahuddin

Sari


Penelitian dilaksanakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser yang merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten Paser yang secara umum bertugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dengan tujuan untuk mengkaji besarnya pengaruh faktor disiplin dan lingkungan kerja secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling dominan dari kedua faktor tersebut terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Disiplin (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y).Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser, alat pengukuranmenggunakan Skala Likert dan diolah menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil analisis diatas bertanda bahwa jika variabel independen yaitu disiplin dan lingkungan kerja = 0 maka variabel dependen yaitu kinerja pegawai mempunyai nilai -1,192 atau turun sebesar (119,2%), apabila variabel disiplin dinaikkan sebesar 1 tingkatan atau 1% dengan asumsi variabel lain tetap, maka variabel kinerja pegawai otomatis akan naik sebesar 0,858 atau (85,8%) dan apabila variabel lingkungan kerja dinaikkan sebesar 1 tingkatan atau 1% dengan asumsi variabel lain tetap, maka variabel kinerja pegawai otomatis akan naik sebesar 0,386 atau (38,6%). Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan program SPSS 20 diperoleh hasil bahwa secara simultan disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena F hitung > F tabel (59,211>3,090) dan probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan H
a diterima H0 ditolak. Secara parsial lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena mempunyai nilai t hitung > t tabel (5,949 > 1,661) dan probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05. Lingkungan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena mempunyai nilai t hitung > t tabel (3,582 > 1,661) dan probabilitas signifikansinya 0,001 < 0,05. Dari kedua variabel independen, variabel lingkungan kerja memberikan pengaruh paling dominan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 5,949 > ttabel sebesar 1,661, dan nilai signifikan 0,000< 0,05 sehingga dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyari, A. (1994). Manajemen Produksi : Pengendalian Produksi . Yogyakarta: BPFE UGM.

Basuki, & Susilowati, I. (2005). Dampak Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja. Jurnal JRBI. Vol 1 No 1 , 31-47.

Davis, K., & Newstrom. (2000). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Davis, K., & Werther Jr, W. (1993). Managing Personalia. United States America: Mc Graw Hill Book Co.

Dony Prakasa, U. (2010). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Sistem Kompensasi Pegawai Negeri Sipil Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Negara. Jakarta: Thesis Program Ilmu Administrasi.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Raja Gafiindo Perkasa.

Griffin, R., & Ebert, R. (1996). Business. United State of America: Prentice Hall International.

Handoko, H. (1997). Dasar-dasar Manajement Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Liberty.

Hardiyana, A., & Helwiyan, F. (2011). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 5, No. 2 , 86-96.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irawan, P. (1999). Metode penelitian : pengantar metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kusuma, A. A. (2013). Pengaruh Motivasi dan Lingkingan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Muria Semarang. Semarang: Skripsi Jurusan Manajemen.

Mathis, R., & Jacson, J. (2002). Human Recouce Management. In A. Bahasa, Human Recouce Management (p. 314). Jakarta: Salemba Empat.

Mondy, R. W., & Noe, R. M. (1996). Human Resource Management. United States America: Prentice Hall.

Nitisemito, A. S. (1992). Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM.

Nitisemito, A. S. (1996). Manajemen Personalia. Jakarta: Graha Indonesia.

Perturan Pemerintah Nomor 53. (2010). Disiplin Pegawai Negri Sipil. Jakarta: Mentri Hukum dah Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Poerbakawatja, S. (1998). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Prijodarminto, S. (1999). Disiplin : kiat menuju sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.

Robbins, S. P. (1997). Essentials of Organizational Behavior. United States America: Prentice Hall.

Sastrohadiwiryo, B. S. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Saydam, G. (1997). Kamus Istilah Kepegawaian. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Schermenharn, J. R. (2003). Manajemen Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Simamora, H. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sudarmanto. (2009). Kinerja Dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sukmasari, H. (2011). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Insentif, Lingkungan Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Semarang. Semarang: Thesis Program Magister Manajemen.

Wahyuningrum. (2008). Hubungan Kemampuan, Kepuasan Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Pegawai Di Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Semarang: Thesis Program Magister Manajemen.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v1i1.797

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

This works is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License.