Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Prasisca Riezky Maharani(1*), Tri Kartika Pertiwi(2)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional "VETERAN" Jawa Timur
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional "VETERAN" Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aims to find out the effect of Profitability, Leverage, and Company Size on CSR Disclosure on companies listed in the kompas 100 Index in 2018-2019. The population in this study is a company listed in kompas100 index in 2018-2019 with purposive sampling techniques so that 140 companies are listed in the kompas100 index as samples. The type of data used is secondary data by using documentation methods as data collection. The data analysis techniques used are the outlier test, normality test, multicollinearity test, heteroskedasticity test, autocorrelation test, multiple linear regression analysis, hypothesis test. The results of this study showed that Profitability and Corporate Size did not contribute to CSR Disclosure, while Leverage contributed to CSR Disclosure in companies listed in kompas100 Index in 2018-2019. All these independent variables simultaneously contribute to CSR Disclosure.


Keywords


CSR Disclosure; profitability; leverage; company size; kompas 100 index; IDX

Full Text:

PDF

References


As' ari, A. G. P., & Pertiwi, T. K. (2021). Rasio Fundamental Terhadap Pertumbuhan Laba: Variabel Moderasi Ukuran Perusahaan (Fundamental Ratio On Income Growth: Variables of Company Size Moderation). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(1), 261-270.

Cahyaningtyas, F. (2018). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Lembaga Keuangan yang Terdaftar di BEI. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 1(1), 10–21.

Dewi, S., & Dita, N. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Ekonomi Volume .1. No. 3 Februari 2018 20. 3, 20–40.

Dewi, N., & Ratna Sari, M. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Pada CSR Disclosure. E-Jurnal Akuntansi, 27(3), 1956 - 1982.

Ghozali, Imam, 2014. Ekonometrika: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hestiningtyas, N. (2018). Pengaruh Karateristik Good Coorporate Governance dan Profitabilitas terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Repository UMY.

Lahan Pasca-Tambang PT Timah di Babel. (2020). https://www.suara.com/news/2020/07/25/214739/100-ha-lahan-pasca-tambang-pt-timah-di-babel-dibiarkan-rusak?page=2

Mandaika, Y., & Salim, H. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Tipe Industri, Dan Financial Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013. Jurnal Akuntansi, 8(2), 181-201.

Mukhtar, A. (2019). Jurnal Economix Volume 7 Nomor 2 Desember 2019. Urnal Economix, 7, 17–24.

Ni’ami, O. D. (2018). Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR): Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2014-2016. Skripsi.

Pakpahan, Yunus dan Lasmanita Rajagukguk. 2018. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jakarta: Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Akuntansi. Volume 18, Nomor 2, http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/Akun/article/view/1631. Juni-Desember 2018

Ratmono, D., & Sagala, W. M. (2016). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Sebagai Sarana Legitimasi: Dampaknya Terhadap Tingkat Agresivitas Pajak. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 16–30. https://doi.org/10.21831/nominal.v4i2.7997

Rizaldi, I. P. A., Mendra, N. P. Y., & Novitasari, L. G. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 9(2), 112-121.

Respati, R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Diponegoro Journal of Accounting, 4(4), 1–11.

Rofiqkoh & Priyadi, (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi: Volume 5, Nomor 10, Oktober 2016 ISSN: 2460-0585. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Rokhlinasari, S. (2016). Teori-teori dalam Pengungkapan Informasi Corporate Social Responbility Perbankan. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 7(1).

Sekaran, U, 2006, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi ke 4, Salemba Empat, Jakarta.

Siaran Pers WALHI Sulawesi Selatan. (2018). https://www.walhi.or.id/index.php/cemari-danau-mahalona-walhi-sulsel-minta-kontrak-karya-pt-vale-ditinjau-ulang

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan ke 22, CV Alfabeta, Bandung.

Vanessa, F., & Meiden, C. (2020). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi CSR Disclosure Pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2018. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11(2), 2415–2430. https://doi.org/10.47927/jikb.v11i2.3




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v6i1.5873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Praciska Riezky

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License