ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MANAJEMEN MUTU PADA UNIVERSITAS BUDI LUHUR

Dwi Kristanto

Abstract


Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi harus dapat memenuhi tututan memenuhi standar pendidikan yang tinggi untuk memiliki mutu pendidikan yang berkualitas, agar  dapat bersaing di dunia global. Sistem manajemen mutu diharapkan dapat menciptakan standar pendidikan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk menerapkan sistem manajemen mutu secara efektif diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai tingkat kedisiplinan dan motivasi yang tinggi. Efektivitas dalam menerapkan sistem manajemen mutu diperlukan komitmen bersama seluruh karyawan baik dari manajer puncak, manajer madya dan manajer bawah. Dalam menerapkan sistem manajemen mutu hal yang menarik untuk dianalisis adalah bagaimana hubungan motivasi dan disiplin kerja karyawan dengan efektivitas penerapan sistem manajemen mutu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun bersama-sama, variabel motivasi dan disiplin kerja karyawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas penerapan sistem manajemen mutu.


References


Agustina, H., Jaya, M., & Pungan, Y. (2019). Pengaruh Karakteristik Individu, Komunikasi Efektif dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT Tambang Batubara Bukit Asam. AT-TADBIR: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 33–40.

Gujarati, D. N. (2004). Basic Econometrics. New York (4 ed.). https://doi.org/10.1126/science.1186874

Mulyadi, H., & Marliana, N. (2010). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan pada Departemen Weaving PT. Adetex Cabang Banjaran Kab. Bandung. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 9(17), 51–75.

Sekaran, U. (2011). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

South, C. Y. W. (2013). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Pegawai dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Paniki I Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jurnal Governance, 5(1), 1–10.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2012). SPSS untuk Paramedis (1 ed.). Gava Media.

Tampubolon, D. P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi CARE dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. JRMSI – Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 25–43.

Universitas Budi Luhur. (2011). Peraturan Kepegawaian 2011 Universitas Budi Luhur. Universitas Budi Luhur.

Utama, N. P., Mansur, M., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Studi Kasus Pada Yayasan Sunan Kalijogo Jabung-Malang). Jurnal Riset Manajemen, 6(7), 45–58.

Yunimas, A., & Putro, A. (2016). Analisis Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada CV Putra Luhur Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 50–64.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v3i2.2038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Kristanto

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

This works is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License