STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING DALAM MENCAPAI TARGET PRODUK KREDIT KOMERSIAL PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK CABANG BANJARMASIN

Novi Shintia(1*), Ronny Mantala(2), Muhammad Irfan(3)

(1) Politeknik Negeri Banjarmasin
(2) Politeknik Negeri Banjarmasin
(3) Politeknik Negeri Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin adalah bank umum milik pemerintah di daerah Jawa Barat dan Banten. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi personal selling yang dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mencapai target produk Kredit Komersial pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode desktriftif, sumber data yaitu data primer dan data sekunder, variabel penelitian adalah variabel bebas dan variabel terikat, Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian Menunjukan 1) pelaksanaan strategi personal selling yang telah dilakukan ada beberapa cara yaitu referral, territorial management dan internal data mining. Namun dari beberapa pelaksanaanya masih belum dapat berkembang dengan baik dan pelaksanaan yang kurang maksimal dan tepat. Pemecahan masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan strategi personal selling yang tepat yaitu 1) prospecting, 2) communicating, 3) selling, 4) information gathering, 5) servicing, 6) allocating. Kemudian Langkah-langkah yang bisa digunakan seperti: prospek dan mengkualifikasi, prapendekatan, persentasi dan demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan, serta tindak lanjut dan pemeliharaan.

 Kata kunci: Strategi, Personal Selling, Kredit Komersial


References


Adha, Dini Kusdewantari. 2016. “Strategi Personal Selling Guna Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Ku pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Ahmad Yani Banjarmasin”.

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Astuti, Nadia Suci Dwi. 2017. “Pengaruh Positioning Melalui Proses Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ekamant Di Bandung.”

Cannon, Perreault dan Mc Carty. 2008. Manajemen Pemasaran Dasar. Jakarta : Salemba Empat.

Hidayah, Nurul. 2016. “Strategi Personal Selling Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Simpanan Pada PT Bank Kesejahteraan Ekonomi Kantor Cabang Banjarmasin”.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Pratiwi, Aldilla Gita. 2016. “Peranan Personal Selling Guna Meningkakan Produk JS Siharta pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Surakarta”.

Rachmawati, Mega. 2015. “Pengaruh Citra Merek Dan Bauran Promosi Terhadap Minat Nasabah Membeli Bancassuranse Bringin Life Di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Asia Afrika Bandung”.

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Sumber lain :

Aini,Nur.2014.http://www.academia.edu/19644408/IMPLEMENTASI_GAYA_BAHASA_DALAM_PERSONAL_SELLING

Belmy,2016.http://belmy.info/pengertian-pencapaian-target-menurut-ahli.html

Rahman,Ainur.2016.https://peduli99.blogspot.com/2016/03/pengertian-manajemen-penjualan.html

Getedu,2017.https://marketingeducate.blogspot.com/2017/10/definisi-strategi-menurut-para-ahli.html

Sanjaya,Ade.2015.http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-kredit-menurut-definisi para.html

http://www.bankbjb.co.id/id/corporate-website/produk-dan-layanan.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v2i2.1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Novi Shintia, Ronny Mantala, Muhammad Irfan

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License