PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SUMBER BERLIAN MOTORS KM.5 BANJARMASIN

Sri Bulkia, Ana Sofia Herawati

Abstract


Penelitian ini membahas pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, bagaimana pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, dan bagaimana pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Sumber Berlian Motors KM. 5 yang berjumlah 70 orang dengan ukuran sampel 50 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari kuesioner yang telah dibagikan kepada karyawan PT. Sumber Berlian Motors KM.5 Banjarmasin. Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh secara tidak langsung dan berkaitan dengan objek penelitian dalam bentuk catatan perusahaan, dokumentasi dan literatur dari buku literatur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa semua hipotesis memiliki pengaruh positif dan signifikan. Pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Pelatihan dan motivasi secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan dan motivasi memiliki peran yang sama pentingnya baik secara individu maupun simultan dalam meningkatkan kinerja karyawan.

 

Kata kunci: Standar, Kecukupan, Harta, dan Konsepsi Ekonomi Islam.

References


Ambarita, R. (27 September 2012). Anggap Karyawan Aset, Kunci Sukses Perusahaan. http://www.kabarbisnis.com/read/2833544

Dessler, G. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Index.

Dessler, Gary(2015). Human Resources Management (Manajemen Sumber Daya Manusia), Ed. 14. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.

George, J.M. & Jones, G.R. (2005). Understanding And Managing organizational behavior (4th ed.). New Jersey: Upper Saddle River Whetten, D.A., and Cameron, K.S. (2011). Developing management skills (8th ed.). New Jersey: Upper Saddle River.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasibuan (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis, hlm. 147.

Mangkunegara, A.P. (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Cetakan I. Bandung: PT Refika Aditama. --------------------------. (2006). Manajemen Sumber DayaManusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mangkunegara, A.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Marwansyah. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Rivai, Veithzal dan Sagala,Ella Jauvani (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Ed. 3. Jakarta: PT Rajawali press.

Raymond, A., Noe., John, R., Hollenbeck., Barry, G. & Patrick, M.W. (2008). Human Resources Management : Gaining A Competitive advantage, 6th Edition,McGraw Hill/Irwin.

Sedarmayanti. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Refika Aditama.

Sunyoto, D. (2012). Teori, Kuisioner Dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Wijonarko. (27 September 2012). Anggap Karyawan Aset, Kunci Sukses Perusahaan. http://www.kabarbisnis.com/read/2833544




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v2i2.1354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sri Bulkia, Ana Sofia Herawati

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

This works is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License