Apakah pengaruh word of mouth lebih besar dibanding promosi media sosial instagram terhadap keputusan pembelian?

Amrullah Amrullah(1*), Rahmat Ingkadijaya(2), Heny Ratnaningtyas(3), Azzira Koesoema Zuleika(4)

(1) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta
(2) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(3) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(4) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh promosi media sosial Instagram dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.  Populasi dalam penelitian berjumlah 9.200 pelanggan Scarlett’s Cafe PIK yang diperoleh dari Agustus sampai Oktober 2022. Kemudian sampel menggunakan rumus Slovin, didapatkan 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media sosial Instagram dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Scarlett’s Café PIK. Dengan adanya media sosial seperti Instagram dapat meningkatkan penjualan dan memasarkan produk dengan luas dikarenakan jaringan media sosial yang luas dan dapat menghemat biaya promosi. Dengan adanya penyebaran informasi melalui word of mouth dilakukan secara konvensional dapat menimbulkan interaksi antara konsumen satu dengan konsumen lainnya membuat konsumen lain penasaran dengan produk makanan dan minuman di Scarlett’s Café PIK. Scarlett’s Café PIK diharapkan selalu mempertahankan dan menciptakan reputasi dan citra yang baik pada persepsi konsumen baik itu dengan produk yang dijual, layanan yang diberikan, lokasi, dan aspek lain-lainnya agar timbul kesan yang positif di media sosial Instagram dan word of mouth.


Full Text:

PDF

References


Absharina, D., & Karmilasari, K. (2022). Pengaruh E-Wom dan Citra Destinasi Terhadap Niat Kunjungan Kembali di Instagram. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 27(1), 1-10.

Afif, M., Mubin, A. F., & Suminto, A. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). JoIE: Journal of Islamic Economics, 1(2): 1-23.

Astaki, N. P. D. P. & Purnami, N. M. (2019). Peran Word Of Mouth Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen, 8(9): 5442-5461.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram. Jakarta: Mediakita.

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2): 1-20.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1): 140-157.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1): 15-30.

Dewi, A. M. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Jurnal Ekonomi, 3(1): 1-22

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. E-Proceeding of Management, 4(1): 175-179.

Hajli, M. N. (2014). A study of the impact of social media on consumers. International Journal of Market Research, 56(3), 387–404.

Hananto, Brian Alvin. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media Sebuah Evaluasi Konsistensi Image dan Type Karya Mahasiswa Dalam Mendesain Feed Instagram. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 02: 56-61.

Hughes, Mark. (2015). Buzz Marketing. Jakarta: Elex Media Computindo.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New York: Pearson Education.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2): 116-129.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Neng, P. S. & Tresnawati, T. (2020). Analisis Suasana Toko, Lokasi, dan Media Sosial Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kopi Aenk. Oikos. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 45-57.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online : Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Komunitas Bisnis

Nugraha, D., & Saraswati, T. G. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Roti Gempol dan Kopi Anjis. eProceedings of Management, 2(1).

Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 144-158.

Perwithasari, R., & Kurniawan, M. (2022). Analisis Sosial Media Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Bilik Tropical Sepatan. Dynamic Management Journal, 6(2): 160-174.

Putra, F. Y. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Erber Cofee Nodal Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti., Asmaniati, F., Amrullah. (20222). The Effect of 4p on The Decision to Visit Ampera 2 Tak Veteran's Restaurant Bintaro, Jakarta Selatan. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(1): 149-159.

Reyvaldi, D. H., & Oktini, D. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen 372 Kopi. Prosiding Manajemen: Seminar Penelitian Sivitas Akademika UNISBA, 6(1): 604-608.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(7): 2596-2620.

Saraswati, S. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Gaya Hidup dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli pada Produk Handphone Xiaomi (Studi Kasus pada Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana.

Suwardi, A., & Yusuf, R. (2021).Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Kimber (@Kimbershoes). JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 5(2): 144-156.

Zakiyah, N. N., & Romadi, G. U. (2022). Pengaruh Media Sosial Instragram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 6 (1):145-156




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v7i1.10146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amrullah Amrullah

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License