PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) ITTP

Dimas Prayoga(1*), Isnaini Nurisusilawati(2), Ade Yanyan Ramdhani(3)

(1) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(2) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(3) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(*) Corresponding Author

Sari


Learning Management System(LMS) merupakan sistem manajemen pembelajaran yang mendokumentasikan materi pendidikan dan keterampilan kerja menggunakan kemasan multimedia (teks, animasi, video, dan suara) sebagai masukan dan konten untuk pengembangan kompetensi peserta didik. Institut Teknologi Telkom Purwokerto merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan sistem penggunaan LMS sebagai media penyampaian pembelajaran. Dari hasil kuesioner pendahuluan masih terdapat kekurangan yang terdapat pada LMS di ITTP, oleh karena itu perlu dilakukan analisis yang bertujuan agar dapat mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap LMS di ITTP. Metode yang digunakan pada penelitian ini, adalah Customer Satisfaction Index(CSI). Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode CSI, didapatkan hasil sebesar 76,6% yang berarti mahasiswa ITTP merasa puas terhadap layanan sistem LMS. Berdasarkan nalisis gap terdapat atribut yang menjadi nilai gap tinggi seperti sistem LMS tidak mengalami gangguan ketika sedang ujian berlangsung dengan nilai gap sebesar -0,7

Teks Lengkap:

PDF 135-147

Referensi


Amalia, nurul, and wim hapsoro. 2021. “analisa pengaruh kepuasan pengguna terhadap kualitas sistem informasi akademik dengan metode eucs ( end user computing statisfaction ).” Ic-tech xvi(1): 16–21.

Lestari, sudarsri. 2018. “peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi.” Edureligia; jurnal pendidikan agama islam 2(2): 94–100.

Listiningrum, septiana, arief daryanto, and koes pranowo. 2018. “analisis kepuasan nasabah asuransi marine hull di pt. Asuransi jasa indonesia jakarta.” Warta penelitian perhubungan 28(1): 27.

Maulana amirul adha, saveriunus godisona, nurul ulfatin, achmad supriyanto. 2019. “analisis komparasi sistem pendidikan indonesia dan finlandia.” Jurnal studi manajemen pendidikan 3(2): 145–60. Https://www.researchgate.net/publication/337578211_analisis_komparasi_sistem_pendidikan_indonesia_dan_finlandia/link/5ddf2d1b4585159aa44e4e1f/download.

Muhamad fariz fadhlillah, endang suhendar. 2021. “analisis kualitas pelayanan dengan metode importance performance analysis dan potential gain in customer value di pt capsugel indonesia.” Ikraith-ekonomika 4(80): 1–10.

Ratna putri, amanda eka, wahyudi harianto, and abdul aziz. 2020. “penilaian kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan x dengan metode servqual dan analytical hierarchy process (ahp).” Rainstek : jurnal terapan sains & teknologi 2(3): 202–8.

Romdloni, ahmad rahmad, and dzakiyah widyaningrum. 2022. “analisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan analysis of customer satisfaction with the quality of distribution services using the pdsq method on ud . Zahra barokah minat masyarakat terhadap barang dan jasa untuk mengatasi setiap permasalahan mer.” 5(1): 15–26.

Sari, rizkyta yolanda, nurmaiti evy. 2021. “infotekjar : jurnal nasional informatika dan teknologi jaringan analisis kepuasan pengguna google classroom menggunakan pieces framework ( studi kasus : prodi sistem informasi uin jakarta ).” Jurnal nasional informatika dan teknologi 2.

Sinnun, ahmad. 2017. “analisis kepuasan pengguna lms berbasis web.” Jurnal informatika 4(1): 146–54.

Syukri, and siti husna ainu. 2014. “penerapan customer satisfaction index (csi) dan analisis gap pada kualitas pelayanan trans jogja.” Jurnal ilmiah teknik industri 13(2): 103–11. Journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/618.

Umam, risep khairul, and niluh putu hariastuti. 2018. “analisis kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode customer satisfaction index (csi) dan importance performance analysis (ipa).” Seminar nasional sains dan teknologi terapan 6: 339–44.

Wijaya, i gusti ngurah satria, and i wayan kayun suwastika. 2017. “analisis kepuasan pengguna elearning menggunakan metode end-user computing satisfaction.” Konferensi nasional sistem & informatika 2017: 558–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v5i2.7625

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.