OPTIMASI PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN DENGAN VEHICLE ROUTING PROBLEM SIMULTANEOUS DELIVERY AND PICKUP WITH SPLIT LOAD
(1) Institut Teknologi Telkom Surabaya
(2) Institut Teknologi Telkom Surabaya
(*) Corresponding Author
Sari
Perusahaan UD. X tidak hanya mengirimkan saos saja namun melakukan pengambilan botol saos yang kosong. Perusahaan memiliki satu jenis kendaraan pickup L300 dengan muatan 50 krat dan perusahaan memiliki kebijakan bahwa produk dapat dilakukan pengiriman serta pengambilan botol dengan dilayani oleh lebih dari 1 kendaraan. Agar semua permintaan dapat dipenuhi maka UD. X ingin mengetahui rute yang optimal untuk melakukan pengiriman dan pengambilan botol dengan meminimasi biaya pengiriman serta meminimalkan jumlah kendaraan yang dibutuhkan untuk memenuhi semua permintaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode vehicle routing problem: simultaneous delivery and pickup with split load. Dari hasil perhitungan bahwa untuk memenuhi 20 pelanggan dibutuhkan 3 kendaraan dimana setiap pelanggan dapat dilayani oleh lebih dari 1 kendaraan. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil untuk subrute 1 yaitu 0-4-16-17-8-1-9-20-0 dengan total jarak 10,8 Km, untuk subrute ke 2 yaitu 0-15-19-6-18-3-20-2-5-0 dengan total jarak 13,79 Km, untuk subrute 3 yaitu 0-2-5-12-10-11-13-14-7-0 dengan total jarak 29.95 Km. Jika ditotal keseluruhan jarak dari 3 kendaraan yaitu 54.54 Km untuk memenuhi seluruh permintaan dengan total biaya pengiriman yaitu sebesar Rp 53.449.
Kata Kunci: vehicle routing problem, simultaneous delivery and pick up, split load.
Teks Lengkap:
PDF 84-91Referensi
Current, J., & Marsh, M. (1993). Multiobjective transportation network design and routing problems: Taxonomy and annotation. European Journal of Operational Research, 65(1), 4–19. https://doi.org/10.1016/0377-2217(93)90140-i
Gutin, G., & Punnen, A. P. (2007). Exponential Neighborhoods and Domination Analysis for The TSP, In The Traveling Salesman Problem and Its Variations. Springer US.
M. Manullang. (2008). Pengantar Bisnis, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Ong, J. O., & ., S. (2011). Vehicle Routing Problem with backhaul, multiple trips and time window. Jurnal Teknik Industri, 13(1). doi:10.9744/jti.13.1.1-10
Toth, P & Daniele Vigo, 2014. Vehicle Routing Problems, Methods, and Applications, 2nd edition, SIAM, USA
Wang, Y., Ma, X., Lao, Y., Wang, Y., & Mao, H. (2013). Vehicle Routing Problem: Simultaneous Deliveries and Pickups with Split Loads and Time Windows. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, 2378(1), 120-128. doi:10.3141/2378-13
Y. Demazeau, J. Pavón, C. R. J. Manuel, and J. Bajo, (2009). 7th International Conference on practical applications of agents and Multi-Agent Systems (PAAMS 2009). (2009). Advances in Intelligent and Soft Computing. doi:10.1007/978-3-642-00487-2
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v5i1.7154
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.