ANALISIS KECACATAN PRODUK BLOCK CYLINDER DENGAN MENGGUNAKAN PETA KENDALI

R.M.B Agung E.W(1*), Akhmad Syarief(2), Agustina Hotma Uli Tumanggor(3)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk peningkatan dan pengendalian kualitas produksi yang melibatkan faktor manusia dan mesin pada PT.X. Metode penelitian yang digunakan adalah alat bantu pengedalian kualitas yaitu Diagram Pareto dan Peta Kendali P untuk memudahkan dalam menganalisis penyebab kecatatan Produk Bolck Cylinder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa cacat yang sering terjadi adalah GH BlcShft cope 3 & 4, Scabing dan Gomi Drag. GH Blcshft cope 3 & 4 memiliki frekuensi kecacatan sebanyak 3,277 dengan presentase sebesar 40,6%. Scabing memiliki frekuensi kecacatan sebanyak 1,900 dengan presentase sebesar 23,5% sedangkan Gomi Drag memiliki frekuensi kecacatan sebanyak 1,580 dengan presentase sebesar 19,6%.

 

Kata Kunci : Silinder Blok, Diagram Pareto, Peta Kendali P 


Teks Lengkap:

PDF 62-66

Referensi


. “Control Chart”. https://www.opexresources.com. Diakses pada tanggal 8 Maret 2016.

Afandi, Taufik. Diagram Pareto. https://taufikandii.blogspot.co.id, 2015. Diakses pada tanggal 15 Desmber 2015

Ahyari, Agus. 2002. Manajemen Produksi Pengendalian Produksi. Yogyakarta, BPFE- Anggota IKAPI.

Feigenbaum, A.V, 1992. Kendali Mutu Terpadu. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Gaspersz, Vincent. 1998. Production Planning and Inventory Control. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gasperz, V., 2003. Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gasperz, Vincent. 2001. Total Quality Manajemen. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.Jakarta

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama

Haming, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2007. Manajemen Produksi Modern: Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta, PT Bumi Aksara..

Heizer, Jay and Barry Render. 2006. Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta, Salemba Empat.

Kurnadi, Muhammad Marsudi, Yassyir Maulana. 2020. Analisis Pengendalian Produk Cacat Pada Kayu Lapis Menggunakan SQL (Statistical Quality Control) Pada Pabrik PT. Wijaya Tri Utama Plywood Industry. Journal of Industrial Engineering and Operation Managemen (JIEOM), Vol.03, No.02, pp. 12-16.

Kusnadi, Eris. Fishbone. https://eriskusnadi.wordpress.com.html. 2011. Diakses pada tanggal 15 Desember 2015

Kuswadi, 2004., Cara Mengukur Kepuasan Karyawan. Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Lawrence M. Corbett and Kate N. Rastrick, 2000. Quality performance and organizational culture: A New Zealand study, International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 17, No. 1, pp. 14-26.

Montgomery, Douglas C. 2001. Introduction to Statistical Quality Control. 4th Edition. New York, John Wiley & Sons, Inc.

Nasution, M. N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor, Ghalia Indonesia.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21 “Kiat Membangun Bisnis Kompetitif”. Jakarta, Bumi Aksara.

Richard B. Chase, Nicholas J. Aquilano and F. Robert Jacobs. 2001. Operations Management For Competitive Advantage. 9th Edition. New York, Mc Graw-Hill Companies.

Sila, I. 2007. Examining the effects of contextual faktors on TQM and performance through the lens of organizational theory: an empirical study, Journal of Operations Management, Vol. 25, No. 1, pp. 83-109.

Smith, Gerald M., (1998). Statistical Process Control and Quality Improvement, Prentice Hall New Jersey.

Sofjan Assauri. 1998. Manajemen Operasi Dan Produksi. Jakarta : LP FE UI.

Tjiptono, Fandy Dan Diana, Anastasia. 2001. Total Quality Manajemen Edisi Revisi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v4i2.5937

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.