APLIKASI MONITORING KEUANGAN BAGIAN OPERASIONAL DI STARINDO BERBASIS WEB

Budi Setiadi(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK


Pengelolaan data keuangan yang diguakan untuk kegiatan operasional dengan mengetikkannya kedalam software Microsoft Office Excel pada perusahaan kurang efisien, sehingga masih rentan terhadap error. Dalam penelitian ini dibuat aplikasi monitoring pengelolaan data keuangan berbasis web untuk menunjang kegiatan operasional yang dijalankan pada PT Starindo. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak dengan model pendekatan sistem pem-rograman terstruktur, bahasa pemograman PHP, dibantu dengan jQuery dan MySQL sebagai server database serta Sublime Text Editor sebagai tools pemrograman. Hasil yang didapat dari pembuatan aplikasi keuangan pada bagian operasional ini adalah petugas kasir mampu menangani permasalahan yang disebabkan oleh kurang efisiennya proses yang ada, mempermudah kinerja petugas kasir dan semua pelaksana kegiatan operasional, serta proses pencatatan, penyimpanan, dan pencarian data keuangan yang digunakan untuk kegiatan operasional menjadi lebih cepat dan akurat.


Kata kunci: Web, PHP, MySQL, Aplikasi Keuangan



Teks Lengkap:

PDF 24-29

Referensi


Ardhana, Y. K. (2012). Dengan PHP : Membuat Website 30 Juta Rupiah. Bandung: Jasakom.

Azhari, F. S. (2015, Maret 01). Analisis Dan Pembuatan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Menggunakan Groovy Dan Grails Pada Esemka Mart Di Smk Abdi Negara Muntilan. Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Dwiartara, L. (2014). Menyelam & Menaklukan Samudra PHP. Bogor: ilmuwebsite.com.

Fadul, F. (2016, Februari 07). Apa Itu Bootstrap? Bagaimana Memulai Belajar Bootstrap Untuk Pemula. Diambil kembali dari dul.web.id: http://dul.web.id/bootstrap/3/tuts-tips/belajar-bootstrap-untuk-pemula.php

Fata, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Publisher.

Kadir, A. (2008). Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: ANDI Publisher.

Kristanto, A. (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Rusmayanti, A. (2014). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Desa Ngadirejan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 35-39.

Setiawan, O. (2008). Panduan Membuat Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, dan Database Menggunakan Power Designer. Bandung.

Solichin, A. (2009, January 21). Achmatim.Net. Diambil kembali dari Achmatim.Net Tutorial Komputer dan Buku Pembelajaran Gratis: http://achmatim.net/2009/01/21/belajar-jquery-dari-buku-learning-jquery/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v4i1.5437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.