PENGARUH PREVENTIVE MAINTENANCE UNIT PUMPING MF420EX TERHADAP HASIL PRODUKSI DI PT. KALIMANTAN PRIMA PERSADA

Budi Irawan(1*), Idzani Muttaqin(2), Yassyir Maulana(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Abstrak-Preventive Maintenance merupakan perawat-an yang dilakukan terjadwal, umumnya secara periodik, di mana sejumlah tugas pemeliharaan seperti inspeksi, perbaikan, penggantian, pem-bersihan, pelumasan dan penyesuaian dilaksanakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh dari kegiatan Preventive Maintenance unit pumping MF420EX terhadap hasil produksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian survei, dan metode fishbone. Pada penelitian ini peneliti mencoba menganalisis pengaruh Preventive Maintenance unit pumping MF420EX terhadap hasil produksi di PT. Kalimantan Prima Persada sehingga diharapkan mampu memberikan saran perbaikan untuk kegiatan preventive maintenance yang akan datang. Data yang digunakan dalam peneltian ini adalah data-data preventive maintenance dari bulan agustus tahun 2020 sampai dengan bulan desember tahun 2020. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh preventive maintenance terhadap hasil produksi, PA 92,39 %, MTBS 216 jam, MTTR 1,83 jam, dan produksi 2.425.199 MT. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh preventive maintenance terhadap hasil produksi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi di dalamnya yang masih belum diteliti.

 

Kata Kunci : Preventive Maintenance, metode fishbone, PA, MTBS, MTTR.

 


Teks Lengkap:

PDF 1-4

Referensi


Dawei, Li. Zhang Zhihua. Zhong Qianghui. Zhai Yali. 2014. Chinese Society Aeronautics and Astronautics & Beihang University, Chinese Journal Aeronatics, 27(4): 821-828. Abstrak tentang Performance deteriorationmodeling and optimal preventive maintenance strategy under scheduled servicing subject to mission time.

Mahaji Puteri, Renty Anugerah. 2014. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, ISSN 2407-1846, 12 Nopember 2014, AnalisisPengaruh Nilai Availability Dan Waktu Downtime Terhadap Produktivitas Mesin Pada

Automatic Ampoule Filling Dan Sealing Machine Di Pt. Indofarma,Tbk.

Santoso, Edi. Julianto Chairul, Edwin. 2007. Jurnal Inasea, Vol. 8 134 No.2, Oktober 2007: 134-143, Minimasi Downtime Tool Punch Mesin HeadingPada Preventive Maintenance Dengan Metode Age Replacement. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bina Nusantara.

Sumantri, 1989. Perawatan Mesin. Jakarta: DIKTI P2LPTK

PT. Kalimantan Prima Persada KMMS HandbookPlant Development. 2015.

Modul KMMS Revisi 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v4i1.5324

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.