ANALISIS KINERJA PRODUKSI INSTALASI PENGOLAHAN AIR I PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) BANDARMASIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX)

Parhani Parhani(1*), Muhammad Marsudi(2), Idzani Muttaqin(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Abstrak-PDAM merupakan Badan usaha milik daerah yang termasuk dalam kategori pelayanan jasa dengan tugasnya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Sebagai instansi pemerintahan yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat, maka untuk melihat kualitasnya dilihat dari proses kinerjanya dalam penyedia air bersih dalam produksi instalasi pengolahan air . Kinerja di sebuah perusahaan sangat penting dibutuhkan, terutama dalam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih pada bagian produksi instalasi pengolahan air. karena dengan adanya kinerja, Perusahaan dapat mengukur sejauh mana perkembangan usaha yang sudah dijalankan karyawan sesuai tanggung jawab masing.masing. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja yang ada dalam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih pada bagian produksi Instalasi Pengolahan Air. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitiannya adalah penggunaan metode Objective Matrix (OMAX) pada perhitungan bahan baku utama, bahan baku pendukung, tenaga kerja, jam kerja dan tenaga listrik pada Perusahaan Daerah Air Minum.

 

Kata kunci: Kinerja produksi, PDAM Bandarmasih, Metode Objective Matrix (OMAX).


Teks Lengkap:

PDF 11-14

Referensi


Amstrong. Michael. 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Transito Asri Media.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2001). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wibowo, 2010. Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali pers.

Muhammad Bahrudin. 2017. Pengukuran Produktifitas kerja pada bagian produksi dengan menggunakan metode objective matrix (OMAX) dan Root cause analyze (RCA) pada Cv. X

Prima Fithri. 2014. Analisis produktifitas menggunakan metode objective matrix (OMAX) (studi kasus: PT Moron Berlian Sakti).

Hersey. P.. & Blanchard. K. H. (1993). Management of organizational behavior: Utilizing human resources (6th ed.). Prentice-Hall. Inc.

Cushway. 2004. http://repository.utu.ac.id/348/1/BAB%20I_V.pdf

PramudyaPratamaPutra,Mahendra.2007.https://id.123dok.com/document/4yr4jk8q-peningkatan-produktivitas-aktivitas-reparasi-pembinaan-jakarta-menggunakan-objective.html?tab=pdf (15 juni 2020).

Meija.dkk.2004.https://samianstats.files.wordpress.com/2008/08/penilaiankinerj.pdf (15 Juni 2020)

Ruky. 2001. http://repository.utu.ac.id/348/1/BAB%20I_V.pdf

Wiradi. 2002.http://kpa.or.id/publikasi/download/de25f-gwr-metodologi-studi-agraria.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v3i2.4771

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.