ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI EKSPEDISI JNE KOTA TANGERANG

Siti Sahara(1), Febi Adelina(2*)

(1) Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim Universitas Negeri Jakarta
(2) Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilakukan di PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan dan ketepatan waktu terhadap loyalitas pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan jasa ekspedisi JNE. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah kuesioner dengan analisis kuantitatif. Penelitian ini dibantu dengan menggunakan software SPSS 64 For Windows untuk menguji simultan (uji F) dan parsial (uji T). Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan ketepatan waktu pengiriman berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan JNE

Kata Kunci:  Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Loyalitas Pelanggan


Teks Lengkap:

PDF 64-70

Referensi


Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

Damayanti, A. F., & Indriani, F. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Terhadap Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi pada pengguna layanan pengiriman barang J&T Express). Diponegoro Journal Of Management, 10(3), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Fatimah, F., & Zakaria, M. (2021). Analisis Tingkat Kinerja Pdam Tirta Mon Pase Dalam Melayani Keluhan Pelanggan Berdasarkan Metode Importance Performance Analysis. Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 4(1), 10–16. https://doi.org/10.31602/jieom.v4i1.5334

Juniariska, S., Rachma, N., & Primanto, alfian budi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketetapan Waktu, dan Tarif Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pos Indonesia (Studi Kasus pada Pelanggan PT. Pos Indonesia Cabang Gempol). Journal Riset Manajemen, 9, 143–156.

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22343

Kemudahan, P. P., Dan, P. K., & Prihatini, M. (n.d.). PERSEPSI KREDIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN J & T EXPRESS SISTEM CASH ON DELIVERY (COD) (Studi Pengguna E-Commerce Shopee di Kebumen). 1–8.

Surti, I., & Anggraeni, F. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe & Resto Steak di Jakarta Selatan. E Proceeding of Management, 2(3), 3808–3815. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930684

Wulandari, Z., & Sevtiani, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Express Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10559–10565.

Rizaty, M. A. (2022). Perusahaan Jasa Ekspedisi dengan Aduan Konsumen Terbanyak (2021). Retrieved November 11, 2023, from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/11/ylki-anter-aja-perusahaan-ekspedisi-paling-banyak-dikeluhkan-konsumen

Top Brands Indeks. (2022). Retrieved November 11, 2023, from Kategori Jasa Kurir: https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=25&id_subkategori=583




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v7i1.13170

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.