EVALUASI PENANGANAN PENGIRIMAN BARANG DI PT. LARIS CARGO

Siti Sahara(1), Okty Munawwarah(2*)

(1) Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim - UNJ
(2) Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim - UNJ
(*) Corresponding Author

Sari


PT. Laris Cargo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa logistik yang berfokus melakukan pengiriman ke pulau Sumatera melalui darat dengan menggunakan armada truk yang telah disediakan perusahaan. Pelayanan yang diberikan oleh PT. Laris Cargo dengan tahapan yang dimulai dari penerimaan barang, penimbangan, pergudangan atau penyimpanan, penerbitan dokumen angkutan hingga pengiriman barang sesuai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian proses penanganan pengiriman barang dilapangan dengan SOP yang telah ditetapkan dan faktor – faktor yang menghambat dalam proses penanganan pengiriman barang di PT. Laris Cargo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian yang didapat yaitu pada proses penanganan pengiriman barang terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keterlambatan dalam pengiriman ataupun kesalahan yang ada pada barang, yaitu kesalahan input yang dilakukan oleh petugas, perbaikan mesin dan perawatan mesin armada yang digunakan sebagai alat angkut ke temapt tujuan, kurangnya ketelitian dalam penyortiran barang dan kurangnya armada yang dimiliki oleh perusahaan.

Kata Kunci:  Sistem, Logistik, Barang 


Teks Lengkap:

PDF 36-44

Referensi


Aisyah, A. A., & Sukarno, I. (2022). Evaluasi Efektivitas Penerapan 5S di PT Tridi Oasis Grup. Journal of Industri Engineering and Operation Management, 70.

Hajar, G., & Fauzi, M. D. (2022). Optimasi Penentuan Rute Pengiriman dengan Vehicle Routing Problem Simultaneous Delivery and Pick Up with Split Load. Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 85.

Jinca, M. Y. (2011). Transportasi Laut Indonesia : Analisis Sistem & Studi Kasus. Surabaya: Brilian Internasional.

Kholid, A. (2018). Evaluasi Penerapan Prosedur Pengiriman Barang Pada Sistem Penjualan Dalam Upaya Peningkatan Perspektif Konsumen Di Perusahaan Ekspedisi.

Manueke, M., Tampi, G. B., & Londa, V. (2018). Studi Kasus di PT Gojek. Persepsi Masyarakat Tentang Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online Di Kota Manado.

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

PT Laris Cargo . (2022). Retrieved from Sejarah Perusahaan PT Laris Cargo: 2022

Rauf, M., & Radyanto, M. R. (2022). Perbaikan Kinerja Gudang Melalui Penataan Ulang Tata Letak Gudang Suku Cadang Menggunakan Metode Class Based Storage di PT. DN Semarang. Journal of Industrial Engineering and Operational Management, 112.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alphabet.

Sugiyono, P. D. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v6i1.10771

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.