SISTEM PEMBERITAHUAN POSISI OBAT MENGGUNAKAN INDIKATOR LED BERBASIS ARDUINO MEGA 2560

muhammad indrawan(1*), saiful karim(2), ayu novia lisdawati(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Apotek adalah suatu layanan kesehatan masyarakat dan sebagai salah satu sarana pelayanan yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan berkewajiban menyediakan, menyimpan dan menyerahkan perbekalan farmasi yang bemutu baik dan keabsahannya terjamin. Arduino merupakan sebuah board minimum system mikrokontroler yang bersifat open source. Didalam rangkaian board arduino terdapat mikrokontroler AVR seri ATMega 328 yang merupakan produk dari atmel. Arduino memiliki kelebihan tersendiri dibanding board mikrokontroler yang lain selain bersifat open source, arduino juga mengunakan bahasa pemrogramannya sendiri yang berupa bahasa C. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperimen yaitu pengumpulan metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat. Pengujian dilakukan mengetahui cara kerja dari hasil apakah sesuai dengan perencanaan Pengujian (Software) perangkat lunak dan Pengujian (Hardware) perangkat keras, Portotipe sistem posisi obat indikator LED adalah sebuah alat yang mempermudah apoteker dalam melakukan pekerjaannya.

Kata Kunci :Arduino Mega, LED,  Software


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nuryanto, R. (2015). Pengukur Berat dan Tinggi Badan Ideal Berbasis Arduino. Karya Ilmiah Program Sarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djuandi, Feri. 2011. PengenalanArduino: (https//:tobuku.com diakses 21 Juni 2015).

Trevor Linsley, Instalasi Listrik Dasar, Edisi Ketiga.

S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta :Informatika. Amikom.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v5i1.6879

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.