ANALISIS PENANGKAL PETIR PADA PERALATAN ANTENA RADAR DI KANTOR AIRNAV INDONESIA CABANG PEMBANTU PANGKALAN BUN

ckristopen manimbo nadeak(1*), Irfan Irfan(2)

(1) Teknik Elektro, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Teknik Elektro, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Petir merupakan peristiwa alam yaitu proses pelepasan muatan listrik (electrical discharge) yang terjadi di atmosfer. Peristiwa pelepasan muatan ini terjadi karena terbentuknya konsentrasi muatan-muatan positif dan negative di dalam awan atau pun perbedaan muatan dengan permukaan bumi dan sangat berbahaya karena daya nya yang sangat tinggi, sehingga dibutuhkan sitem proteksi. Sistem proteksi petir merupakan Sistem Proteksi Petir (SPP) merupakan usaha dalam mengatasi bahaya yang diakibatkan oleh sambaran petir. Terdapat dua jenis SPP yaitu eksternal yang berfungsi melindungi objek dari sambaran langsung dan internal yang berfungsi melindungi objek dari sambaran tidak langsung. Salah satu metode sistem proteksi penangkal petir ini ialah metode bola bergulir. Dengan cara ini kita dapat mengetahui jarak jangkauan proteksi penangkal petir.

Kata Kunci :Petir,Metode Bola Bergulir, Sistem Proteksi Petir


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmam, Usaha Situmeang. 2015. “Perancangan Kinerja Penangkal Petir Menggunakan Metoda Bola Gelinding Pada Gedung Perpustakaan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri 13(1): 130–35.

Bandri, Sepannur. 2014. “Sistem Proteksi Petir Internal Dan Ekternal.” Jurnal Teknik Elektro ITP 3(1): 6.

“CTBTO/IMS Earthing and Lightning Protection Minimum Standard.” 2010. : 1-.

Lubis, Zulkarnain, Solly Aryza, and Selly Annisa. 2019. “Metode Terbaru Perancangan Proteksi Petir Eksternal Pada Pembangkit Listrik.” Journal of Electrical Technology 1099: 26–34.

Protection, External Lightning, and Residential Building. 2019. “Air-Termination System / Down Conductor / Isolated Lightning Protection Kapitel Lightning Protection / Earthing.”

Saragih, Berlin, Jhonson M Siburian, and Jaya Lukita Purba. 2020. “Sistem Penangkal Petir Pada Gedung Kemang Gallery Medan.” JURNAL TEKNOLOGI ENERGI UDA: JURNAL TEKNIK ELEKTRO; Vol 9 No 1 (2020): MARET 9. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologienergi/article/view/622.

Suprijono, G. 2014. “Sistem Proteksi Petir Dan Sistem Grounding Pada Instalasi Vital Di PT. TELKOM Tegal.” Issn: 1979-911X: 50–53.

Syakur, Abdul et al. 2006. “Sistem Proteksi Penangkal Petir Pada Gedung Widya Puraya.” Transmisi 8(1): 35-39–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v5i1.6861

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.