PEMANFAATAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DENGAN BARCODE UNTUK PENGELOLAAN ADMINSTRASI PERPUSTAKAAN PADA SMK NEGERI 2 PELAIHARI BERBASIS WEB

rahmi aliah(1*), saiful karim(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Perpustakaan adalah fasilitas yang menyediakan berbagai sumber literasi baik buku, majalah, koran dan makalah. SMK Negeri 2 Pelaihari adalah salah satu sekolah pendidikan keahlian yang ada di Kabupaten Tanah Laut. SMK Negeri 2 Pelaihari juga menyediakan perpustakaan untuk menunjang kegiatan belajar siswanya. Perpustakaan SMK Negeri 2 Pelaihari memiliki pengelolaan data perpustakaan yang sudah menggunakan aplikasi desktop untuk pengelolaan administrasi perpustakaan. Akan tetapi pada aplikasi tersebut masih memiliki kekurangan pada bagian input data yang kurang cepat karena masih diinputkan dengan menuliskan kode buku satu persatu saat pendataan buku. Begitu pula dalam peminjaman oleh siswa atau guru masih diisi satu persatu, tentunya hal ini tidak cukup efisien dalam hal pelayanan. Maka dari itu diperlukan sistem yang dapat melakukan pendataan buku secara efektif serta dalam peminjaman buku oleh siswa atau guru juga akan lebih efektif. Dengan memanfaatkan teknologi web yang dapat digunakan dimana saja dengan browser serta teknologi barcode sehingga dapat menunjang pengelolaan perpustakaan dengan cepat. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mempercepat proses administrasi perpustakaan seperti peminjaman buku siswa dan input data buku.

Kata Kunci :Perpustakaan,Barcode, Web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A., 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Anwar, S., Maskur, S. & Jailani, M., 2019. Manajemen Perpustakaan. 1st penyunt. Riau: PT. Indragiri Dot Com.

Firman, A., Wowor, H. F. & Najoan, X., 2016. SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN ONLINE BERBASIS WEB. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), pp. 29-36.

Hafidz, K. A. & Sayyidati, R., 2017. Sistem Informasi Perpustakaan Politeknik Negeri Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika, 3(2), pp. 60-67.

Huda, M., 2010. Membuat Aplikasi Database dengan Java, MySQL dan Netbeans. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Iswandy, E., 2015. Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari dan Penyaluran Bagi Mahasiswa dan Pelajar Kurang Mampu di Kenagarian Barung-Barung Balantai Timur. Jurnal Teknoif.

Noor, H., Ekawati, F. & Wibowo, D. A., 2020. SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BARCODE PADA SMP NEGERI 11 BANJARMASIN. Technologia, 11(2), pp. 71-75.

Pratiwi, E. L., 2020. KONSEP DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN BAHASA JAVA. 1 penyunt. Banjarmasin: Poliban Press.

Renata, F. A., Satoto, K. I. & Nurhayati, O. D., 2015. PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS JURUSAN SISTEM KOMPUTER). Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(3), pp. 343-353.

Simarmata, J., 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI.

Sukamto, R. A. & Shalahuddin, M., 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi Revisi penyunt. Bandung: Informatika Bandung.

Sukamto, R. A. & Shalahuddin, M., 2016. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung.

Wahana Komputer, 2010. Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta: Mediakita.

Wahyono, T., 2010. Membuat Sendiri Aplikasi dengan Memanfaatkan Barcode. 1 penyunt. Jakarta: PT.Elex Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v5i1.6855

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.