Sistem Otomatisasi Pengisian Air Di Area Waterfill Berbasis Mikrokontroler

erlan sukowati putra(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat, suatu sistem dan logika yang diimplementasikan pada mikrokontroler dapat menghasilkan otomatisasi pergerakan sehingga dapat membantu dalam bekerja maupun memecahkan suatu permasalahan yang timbul dalam suatu instansi maupun industri. Dalam hal ini penulis membuat “Sistem Otomatisasi Pengisian Air Di Area Waterfill Berbasis Mikrokontroler” dengan misi mengubah sistem pengisian yang berada di PT. Saptaindra Sejati Jobsite Boro yang awalnya masih berbasis manual menjadi otomatis, sehingga engine akan otomatis bekerja tanpa memerlukan operator. Dengan Arduino Nano sebagai pusat kendalinya, sensor E18-D80NK yang terpasang di tiga titik pada area waterfill yaitu 2 sensor di jalur antrian dan satu sensor di jalur pengisian yang berfungsi untuk mendeteksi ada tidaknya Unit WT (Water Truck) di area waterfill tersebut. Sensor hujan sebagai pendeteksi cuaca sekaligus memposisikan OFF pada engine waterfill pada saat hujan. Modul relay 2 chanel sebagai output action untuk memposisikan ON atau OFF pada engine waterfill, dan led sebagai indikatornya. Hasil analisa penelitian selama 4 hari, alat tersebut dapat mengontrol aktivitas engine waterfill dan juga mengefisiensi waktu running sebesar 8 jam dari 12.44 jam waktu normal saat engine waterfill masih menggunakan sistem manual, serta menghemat penggunaan fuel sebanyak 54.77 liter atau setara 64.31% dan hanya mengonsumsi fuel sekitar 35.69% dari konsumsi 85.16 liter pada sebelumnya yang masih menggunakan sistem manual.

 

Kata Kunci: Arduino Nano, Sensor E18-D80NK, Sensor Hujan, Waterfill.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


About 2-Channel Relay Module, osoyoo. e-book, Arduino lesson – 2-Channel Relay Module.

Arduino Nano versi 3 Datasheet.

http://www.gravitech.us/arna30wiatp. Diakses 29 Mei 2019.

Arduino Nano Pin Out.

https://www.arduino.cc/en/uploads/Main/ArduinoNanoManual23.pdf. Diakses 29 Mei 2019.

Badie Uddin, Wahyu Kurniawan. 2017. “Perancangan Prototipe Alat Buka Tutup Atap Otomatis Berbasis Mikrokontroler”, Skripsi, Program Studi Teknik Komputer, Politeknik TEDC.

Bimo Ariestyan. 2017. Spesifikasi Arduino Nano, Jurnal.

http://www.academia.edu/34953896/Arduino nano. Diakses 29 Mei 2019.

Erlan Sukowati Putra, M. Pahrul Amin, Zulkarnain. 2017. “Robot Pelontar Cakram”, Tugas Akhir, Prodi Teknik Elektronika Jurusan Elektro Politeknik Negeri Banjarmasin.

Ivan Fajarianto Putro. 2017. “Buka Tutup Tirai Garasi Otomatis Dengan Sensor Hujan Serta Sensor LDR (Light Dependent Resistor) Berbasis Arduino Uno”, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jamilah. 2005. Pengenalan bahasa C.

jamilah.staff.gunadarma.ac.id Downloads/files/33355/pengenalan-c-sdcc.pdf. Diakses 30 Mei 2019.

Manual Book (Sensor E18-D80NK)

http://tinkbox.ph/sites/tinkbox.ph/files/downloads/Proximity%20Sensor.pdf. Diakses 29 Mei 2019.

Manual Book (Sensor Hujan)

https://www.openhacks.com/uploadsproductos/rain_sensor_module.pdf. Diakses 29 Mei 2019.

Modul Step-down Lm2596 Datasheet.

http://tpelectronic.ir/datasheets/20150123144301750.pdf. Diakses 29 Mei 2019.

N, Muda, Imam. 2013. Elektronika Dasar. Malang: Gunung Samudera

Raden Galih Paramananda, Hurriyatul Fitriyah, Barlian Henryranu Prasetio. 2018.“Rancang Bangun Sistem Penghitung Jumlah Orang Melewati Pintu menggunakan Sensor Infrared Dan Klasifikasi Bayes”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Rengga Maulana Adi. 2015. “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Otomatisasi Pengaman Mobil”, Skripsi, Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang.

Sakhroni. 2018. “Rancang Bangun Alat Pengolahan Air Baku Menjadi Air Siap Minum Pada Fakultas Teknik Mesin Uniska Banjarmasin Dengan Sistem Reverse Osmosis”, Program Studi Teknik Mesin Program Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Spesifikasi LED.

https://www.electronicsnotes.com/articles/electronic_components/diode/light-mitting-diode-led-datasheet-specifications-parameters-characteristics. Diakses 29 Mei 2019.

Syafriyadi Nor, 2019. “Penerapan Internet Of Things (IOT) Sebagai Pengendali Peralatan Listrik Dan Pemantau Daya Listrik Berbasis Web”, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Ulfa Eka Saputri, 2012. “Analisa Bahasa Pemrograman Gentee Dengan Bahasa C++ Program Aplikasi Perkalian Matriks”, Jurusan Matematika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Yosef Cafasso Yuwono, Syah Alam, 2018. “Rancang Bangun Sistem Jemuran Otomatis Berbasis Arduino Uno”, Program Studi Teknik Elektro, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v4i2.6586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.