Evaluasi Sistem Proteksi Petir Eksternal “Studi Kasus Office PT Adaro Indonesia Site Dahai”

henderawan henderawan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Abstrak - Wilayah Indonesia terletak digaris katulistiwa dan beriklim tropis memiliki 200 hari guruh yang tergolong tertinggi di dunia, dikarenakan hal tersebut juga membuat nilai potensi resiko bahaya sambaran petir menjadi tinggi. Proteksi terhadap sambaran petir diperlukan untuk melindungi manusia, peralatan, bangunan dan lingkungan. Kesalahan perhitungan terhadap fasilitas instalasi penyalur petir berakibat gagalnya kinerja penyalur petir untuk melidungi objek-objek yang dilindunginya. Terdapat beberapa metode yang dapat membantu memproyeksikan luasan dan bentuk daerah perlindungan seperti, Sudut Perlindungan (Protective Angle), Metode Jala (Mesh Method), Metode bola bergulir (Rolling Spare). Jika melihat kondisi lapangan di PT Adaro Indonesia, pembangunan IPP (Instalasi Penyalur Petir) tidak dilakukan kajian teknis baik seperti identifikasi awal terhadap perlunya bangunan terhdap instalasi penyalur petir, yang dapat menggunakan 2 pendekatan yaitu Pendekatan PUIPP dan NFPA 780. Kedua pendekatan tersebut mempertimbangkan mulai dari jenis, bahan, tinggi, letak bangunan dan Jumlah Hari guruh (IKL). Setelah menentukan kebutuhan bangunan akan IPP, selanjutnya dengan metode sudut perlindungan, luasan daerah perlindungan dan bentukan sudut proteksi perlindungan dapat ditentukan dan memberikan gambaran dalam dan evaluasi terhadap sistem penyalur / proteksi petir atau dapat memberikan informasi tinggi dan dimana letak yang sesuai dibangunnya IPP didapatkan 62,5 % Bangunan-bangunan belum terlindungi dan 37.5 % bangunan terlindungi oleh IPP yang telah terpasang, serta setidaknya diperlukan 1 IPP baru yang dapat melindungi seluruh bangunan yang ada di PT Adaro Indonesia Site Dahai.

Kata Kunci : Metode Sudut Perlidungan (Protective Angle), PUIPP, NFPA 780


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


SNI 03-7015-2004 Sistem proteksi petir pada bangunan gedung.

SNI 03-7014.1-2004 Proteksi bangunan terhadap petir – Bagian 1 Prinsip umum

Peraturan Umum Ilmu Penagkal Petir (PUIPP) untuk banguan di Indonesia.

Peraturan Umum Installasi Listrik (PUIL) 2011

NFPA 780. 1997 Standart for the installastion of lightning protection system.

Faisal Adil Sinaga, Ansyori, 2015 Journal Teknik Elektro Universitas Sriwijaya “Evaluasi sistem proteksi petir menara telekomunikasi PT dayamitra telekomunikasi (telkom group) simpang timbangan indralaya”.

Sepannur Bandri, 2012 Journal Teknik Elektro Institut Teknologi Padang “Perancangan instalasi penangkal petir eksternal gedung bertingkat (aplikasi balai kota pariaman).

JAG Group Tower. 2018. https://pakarpetir.co.id/ penangkal-petir-rumah/

Diakses tanggal 12 Juli 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v4i2.6584

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.