STUDI KELAYAKAN PENERAPAN PEMBANGKIT TENAGA MATAHARI UNTUK DESA DADAP KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU

moethia faridha(1*), saiful karim(2)

(1) universitas islam kalimantan MAB
(2) universitas islam kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Dari 10 (sepuluh) Kecamatan hampir semuanya ada desa yang tidak dialiri listrik. Di Kecamatan Kusan hulu misalnya ada tiga Desa yang masih belum tersentuh listrik yaitu Desa Dadap, Tamunih dan Batubulan. Ketiga Desa ini memang jauh dari perkotaan karena berada di kawasan kaki gunung Meratus. Selain itu juga berbatasan dengan Kabupaten Banjar. Akses jaringan pun sulit ditemui disana karena tidak ada BTS. Jalur menuju Desa juga cukup sulit. Sudah puluhan tahun mereka tak menikmati aliran listrik. Gensetpun hanya dinikmati bagi kalangan yang mampu.

Kondisi desa Dadap kendala utama untuk listrik masuk kedaerah pelosok tersebut adalah infrastruktur, sehingga memerlukan biaya yang besar. Alternatif agar desa tersebut dapat dialiri listrik adalah menggunakan energi terbarukan salah satunya menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis Studi kelayakan penerapan Pembangkit Tenaga Matahari Untuk Desa Dadap Kecamatana Kusan hulu Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam menganalisis pengolahan data untuk mengetahui daya yang dihasilkan PLTS menggunakan program PV Simulator. Hasil Analisis Studi kelayakan penerapan Pembangkit Tenaga Matahari Untuk Desa Dadap Kecamatana Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu yang sekarang menjadi Kecamatan Teluk Kepayang data yang diambil dari hasil pengukuran kebutuhan daya yang diperlukan dan potensi energy surya yang dihasilkan sangat menunjang untuk penerapan pembangkit listrik tenaga matahari / PLTS.

 

Kata Kunci: Studi Penerapan, PLTS, Desa Dadap, Program PV Simulator

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasnawiya Hasan, (Juli-Desember 2012), Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pulau Saugi, Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan, Volume 10, Nomor 2.

Seminar Nasional Teknoka. Rosalina1) , Estu Sinduningrum2) PENERAPAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DI LAHAN PERTANIAN TERPADU CISEENG PARUNG-BOGOR. Vol. 4, 2019. ISSN No. 2502-8782

Ubaidillah, Suyitno, Juwana, Wibawa Endra, (2012), Pengembangan Piranti Hibrid Termoelektrik – Sel Surya Sebagai Pembangkit Listrik Rumah Tangga, Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah.

Wilman septina.2011, Teknologi surya https://teknologisurya.wordpress.com/dasar-teknologi-sel-surya/prinsipkerja-sel-surya/.diakses pada 9 Maret 2016

Rais Mu’ammar dkk, International Journal Of Engineering & Technology. UGM. 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v4i1.5107

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.