Kajian Rancangan Instalasi Penerangan Pada Laboratorium Eksplorasi Dan Mekanika Batuan Politeknik Muara Teweh

juli chandra teruna(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Politeknik Muara Teweh memiliki fasilitas gedung pendidikan yang memadai, begitu juga laboratorium sebagai wadah eksperimen dan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan  khususnya  teknik  pertambangan  telah  tersedia.  Salah  satu  laboratorium yang ada di Politeknik Muara Teweh adalah Laboratorium Eksplorasi dan Mekanika Batuan Program Studi Teknik Pertambangan, dimana di laboratorium ini terdapat beberapa peralatan baru sehingga perlu direncanakan instalasi penerangan yang baik agar pelaksanaan kegiatan praktikum dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, Laborarorium Eksplorasi dan Mekanikan Batuan memiliki luas ruangan 60 m2 dan tinggi ruangan 3,2 m dengan indeks ruangan 1,6. Faktor refleksi dinding sebesar 0,5 dan langit-langit sebesar 0,7. Kebutuhan minimum pencahayaan untuk peralatan sesuai dengan persyaratan kerja adalah 200 lux sehingga berdasarkan hasil penelitian, diperlukan 6 armatur lampu yang masing-masing dapat menghasilkan fluks cahaya sebesar 5200 lumen dengan intensitas cahaya mencapai 413,8 candela sehingga total kuat penerangan di tengah ruangan mencapai 211 lux.

 

Kata Kunci : Intensitas cahaya, fluks cahaya, iluminasi, faktor refleksi, indeks ruangan.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. Suryatmo. Teknik Listrik Instalasi Penerangan, Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

Imansyah. Perancangan Instalasi Listrik pada Rumah dengan Daya Listrik Besar, Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, 2009.

Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1045/Menkes/SK/XII/2002. Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri, Jakarta, 2002.

Neidle, Michael. Teknologi Instalasi Listrik, Erlangga, Jakarta, 1982.

P. Van Harten, Ir. E. Setiawan. Instalasi Listrik Arus Kuat II, Binacipta, Bandung, 1985.

Phillip. Flourescent Lamp base on Ligthing Catalogue, 2008-2009.

Standar Nasional Indonesia. Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) Tahun 2000, Jakarta, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v3i2.4274

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.