Analisa Penggunaan Solar Cell Pada Rumah Tinggal Untuk Keperluan Penerangan dan Beban Kecil

saiful karim(1*), dwi cahyanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

 

Sejak beberapa tahun terakhir, seiring dengan pertumbuhan penduduk, kawasan pemukiman, industri dan ekonomi, Kalimantan Selatan mengalami krisis energi listrik. Krisis ini menyebabkan seringnya terjadi pemadaman listrik di seluruh daerah di kawasan ini. Setiap tahun, dengan alasan perawatan mesin, PT PLN Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) juga harus mengambil langkah pemadaman bergilir, selama kurang lebih 1 hingga 2 bulan. Artinya, kawasan Kalselteng harus mengalami pemadaman listrik setiap 2 atau 3 hari sekali selama waktu tersebut. Biasanya, pola yang digunakan adalah 2 hari nyala 1 hari padam. “Kemudian juga jika masyarakat berhemat dengan mengurangi minimal dua lampu saat jam 17- 22.00 Wita, sehingga beban puncak turun, maka waktu pemadaman akan lebih pendek”.

Berdasarkan permasalahan tersebut, energi surya dipilih sebagai energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik. Agar energi surya dapat digunakan terus menerus baik pada malam hari maupun siang hari, maka energi listrik yang dihasilkan disimpan terlebih dahulu ke baterai yang dikontrol oleh regulator. Keluaran regulator langsung dihubungkan dengan inverter dari arus DC ke AC. Jadi pada waktu aliran dari PLN mengalami pemadaman, maka lampu penerangan yang ada di rumah tidak akan padam, disamping itu khusus lampu penerangan dan beban rendah/kecil disuplai menggunakan pembangkit dari sel surya, jadi akan mengurangi pembelian token/strum listrik dan lebih efisien.

Biaya untuk pemakaian energi listrik setiap hari, dan dalam 1 tahun rata-rata terdiri dari 365 hari, maka biaya listrik yang digunakan dalam kurun waktu 1 tahun adalah sebesar Rp. 1.955,356,- x 365 hari = Rp. 703.928,16. Dengan biaya pengadaan perangkat solar cell untuk keperluan rumah tinggal yang sesuai dengan beban yang ada yaitu sebesar Rp. 5.100.000,-, maka biaya tersebut akan kembali modal (break even pint) 

 

Kata Kunci : Effisiensi, Panel surya, dan Pemadaman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saiful Karim, ST., MT. Alimuddin., “Analisa Penggunaan Solar Cell Pada PJU Di Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan”, Jurnal Teknik Mesin Al-Jazari Uniska Vol. 02 No. 01 Tahun 2016, ISSN 2502-4922.

M. Rif’an, Sholeh HP, Mahfudz Shidiq; Rudy Yuwono; Hadi Suyono dan Fitriana S. “Optimasi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Matahari di Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya”, Jurnal EECCIS Vol. 6, No. 1, Juni 2012

Diktat Proteksi Sistem Tenaga Listrik Oleh Muhammad Taqiyyuddin Alawiy.

Djiteng Marsudi, Operasi Sistem Tenaga Listrik, Graha Ilmu Cetakan Kedua Tahun 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v2i1.2261

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.