Perancangan Tabung Penyerap Dan Pembersih Gas Emisi

idzani muttaqin(1*), muhammad suprapto(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan stasiun layanan hijau, melindungi mekanik, khususnya dan masyarakat pada umumnya dari bahaya gas buang, mengurangi atau mengurangi dampak negatif pada gas buang kesehatan masyarakat dan dapat mengurangi efek emisi gas buang kendaraan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan bahan deskriptif yang sangat sederhana dan mudah didapat di lingkungan kita. Bahan utama menggunakan filter oli bekas, arang aktif, dan batu zeoilt. Alat ini bekerja berdasarkan prinsip absorpsi, penyihir adalah proses yang terjadi ketika cairan, cairan, atau gas terikat pada zat penyerap. Cara kerja alat ini adalah melelahkan proses penyaringan yang dilakukan fase kemarahan. Fase pertama, gas buang dari knalpot kendaraan bermotor disalurkan ke tabung pertama yang mengandung oli bekas. Emisi akan jatuh ke dalam minyak dengan bantuan knalpot gravitasi. Pada fase pertama oli bekas akan menyerap penyihir timah adalah hasil dari kendaraan pembakaran gas. Selanjutnya, fase kedua akan dibuang ke bagian tabung tertutup berisi arang aktif. Pada fase ketiga penyaringan dilakukan oleh zeolit batu, zeolit adalah batuan yang memiliki pori-pori kecil yang dapat memisahkan molekul atau filter. Dalam proses itu akan mengikat zeolit arang aktif dilakukan bersama dengan emisi ketika dimasukkan pada tabung kedua.Setelah proses uji coba dan alat ini terbukti dapat memangkas emisi gas rumah kaca pada kendaraan untuk pengujian, maka dapat dibandingkan dengan standar referensi emisi karbon dioksida yang diizinkan adalah 5,50%, ekonomi membuat emisi tabung bersih lebih murah. Biaya yang relatif murah karena semua bahan untuk membuat perangkat berasal dari barang bekas.

 

Kata kunci: Emisi gas buang, oli bekas, arang aktif, batu zeolit


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifuddin. 1999. Penggerak mula motor bakar torak, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Deddy pardy, Endang Rohmana.1987.Motor Bensin, Lembaga Pendidikan Keterampilan Pelita Massa, Bandung.

Ir. Rachmat Witoelar.2006.Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama, Jakarta.

Satudju,1991 Dj. Studi perencanaan udara kendaraan bermotor di DKI Jakarta.

Soedjono, Bsc, dkk, 2008, Refarasi Motor Bensin Dan Diesel, Bandung

Wahyu Hidayat, ST. 2012, Motor Bensin Modern, PT RINEKA CIPTA, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v2i1.2167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.