MONITORING KAMERA CCTV MELALUI PC DAN SMARTPHONE

Ahmadil Amin(1*)

(1) Program Studi Teknologi Listrik, ATPN Banjarbaru
(*) Corresponding Author

Sari


Perkembangan perangkat mobile seperti smartphone saat ini mengalami kemajuan dan banyak  digunakan masyarakat. Kemudahan untuk dibawa dan beragam aplikasi yang tersedia serta harga yang terjangkau menyebabkan perangkat mobile ini makin diminati oleh masyarakat pada saat ini. Melalui  aplikasi monitoring yang sudah terinstall pada smartphone,  maka hasil sorotan kamera CCTV  dapat terpantau dari jarak jauh, tetapi harus ada koneksi internet yang memadai seperti Wi-fi atau layanan paket data operator seluler.  Penggunaan jaringan wifi atau paket data seluler untuk mengakses gambar hasil sorotan kamera CCTV melalui smartphone memiliki ketergantung pada kekuatan signal yang tersedia. Setiap media transmisi memiliki redaman yang berbeda-beda, tergantung dari bahan yang digunakan. Jarak server dan user yang relatif jauh juga dapat menyebabkan terjadinya delay propogasi. Delay ini akan menyebabkan terbatasnya nilai throughput yang didapat, apalagi dengan kapasitas bandwidth yang terbatas. Besarnya throughput akan terbatasi karena banyaknya jumlah pengguna dan jarak yang cukup jauh antara switch ke server.

 

Kata Kunci:  Monitoring, Kamera CCTV, PC, Smartphone


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi Adriansyah, Mirzanu Rizky GM, Yuliza (2014), Rancang bangun dan analisa CCTV online berbasis Raspberry IP. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Ajie Pambudhi, Fitri Imansyah, Trias Pontia W. (2017), Monitoring dan analisis IP Camera pada jaringan internet. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Okkita Rizan dan Hamidah (2014), Perancangan aplikasi monitoring kamera CCTV untuk perangkat mobile berbasis android. STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Putu Adi Gangga, Dewa Gede P.P., I Gede Danan S.Y.R. (2015), Sistem Perlindungan dan Pengamanan Bangunan Terhadap Tindakan Kriminal. Universitas Udayana. Bandung.

Rahayu (2013), Monitoring dan analisis kualitas layanan trafik kamera CCTV pada jaringan wireless (studi kasus: PT.Bukit Asam (persero) Tbk. Tanjung Enim.

Wisnumurti (2016), Implementasi kamera CCTV dengan menggunakan smartphone android. Jurnal Media Informatika dan Komputer Vol.7 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v1i2.1881

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.