PENELITIAN TINDAKAN KELAS PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER INSTALASI LISTRIK PENERANGAN PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

rasyidah K.(1*)

(1) SMK Negeri 5 Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik instalasi tenaga listrik dengan menggunakan media pembelajaran trainer instalasi listrik penerangan pada siswa kelas XI L teknik instalasi tenaga listrik SMK NEGERI 5 BANJARMASIN,. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TIPTL b Teknik instalasi tenaga listrik berjumlah 30 orang. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 8 kali tatap muka pada dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan trainer instalasi listrik penerangan. Dari tes awal secara klasikal pada siklus pertama 83,33% meningkat menjadi 100% pada akhir siklus kedua.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Siklus, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v1i2.1879

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.