PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN AVO METER PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK DI KELAS X-TIPTLA SMK NEGERI 5 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2015 -2016

siti maisarah(1*)

(1) SMK Negeri 5 Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa ketika guru mengajar materi tentang penggunaan AVOmeter pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrik dikelas X TITLA semester 1 nilai yang diperoleh rata-rata nilai dibawah KKM sebanyak 26 siswa (76,47%) dari 34 siswa.

Pelaksanaan penelitian dilakukan 6 kali tatap muka pada 3 siklus, siklus pertama, siklus kedua dan siklus terakhir terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap infeksi hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Dari tes awal secara klasikal pada siklus pertama 64,71% dan pada siklus terakhir meningkat menjadi 100%

 

Kata Kunci : Dasar Penggunaan Listrik, Siklus, Metode Demonstrasi

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

Holil dan Dwi Sunu Prioko, (2009), Wahana Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI kelas VI, Jakarta, Pusat Perbukuan Depdiknas.

Jauhar M. (2010), Implementasi Paikem, Jakarta, Prestasi Pusaka.

Musfiqon (2010), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka.

Muslihuddin (2010), Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizqi Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta, Depdiknas.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v1i2.1878

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.