Desain Monitoring Dan Kontrol Motor Induksi 3 Phasa Berbasis Protokol Komunikasi Modbus RTU

Witrius Witrius(1*), Saiful Karim(2)

(1) Prodi Teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Prodi Teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pengawasan secara langsung dari suatu sistem kontrol dilakukan dengan mengumpulkan informasi keadaan peralatan atau perangkat dan mengambil tindakan atas informasi tersebut secara remote atau jarak jauh secara real time dan terpusat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem monitoring  dan kontrol motor induksi 3 phasa menggunakan protokol komunikasi Modbus RTU. Dukungan sistem supervisory control and data acquisition (SCADA) menjadi lebih mudah dalam melakukan pengendalian dan pemantauan data. Modbus adalah protokol komunikasi serial dua arah, yang melibatkan peran Modbus master dan Modbus slave memiliki kemudahan penggunaannya dan keandalannya. Modbus RTU banyak digunakan dalam Sistem Manajemen Gedung (BMS) dan Sistem Otomasi Industri (IAS). Penelitian ini bertujuan untuk mendesain monitoring dan kontrol motor induksi 3 phasa berbasis protokol komunikasi modbus RTU, protokol komunikasi modbus RTU digunakan  sebagai media komunikasi  antara  SCADA  dengan device. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perancangan sistem, pembuatan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), pengujian alat beserta analisis, serta pengambilan kesimpulan dan saran. Setelah dilakukan pengujian, desain monitoring dan kontrol motor induksi 3 phase menggunakan protokol komunikasi mudbus RTU dapat melakukan pengawasan secara langsung dengan cara mengumpulkan informasi keadaan peralatan atau perangkat di lapangan dan mengambil tindakan atas informasi tersebut secara jarak jauh (remote) dan real time serta terpusat. Setiap perubahan set point berdampak pada perubahan parameter peralatan (Motor Induksi 3 phasa).

Kata Kunci


WINCC ; SCADA ; Modbus RTU

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Nurpadmi. (2010). Tudi Tentang Modbus Protokol Pada Sistem Kontrol. Forum Teknologi, 01(2). (Nurpadmi, 2010)

. Kurniawan, I. H., & Muliarto, R. F. (2020). Rancang Bangun Simulator Sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) Pada Gardu Induk Rawalo. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer TRIAC, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.21107/triac.v7i1.7514

. Paillin, D. B., & Pradipta, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Sistem Scada Pada Keandalan Jaringan Distribusi Pt. Pln Area Masohi. Arika, 12(1), 41–52. https://doi.org/10.30598/arika.2018.12.1.41

. Prof, J., Siwabessy, G. A., Baru, K., & Depok, U. I. (n.d.). Aplikasi scada pada sistem pengendalian dan pemantauan kecepatan motor.

. Pujotomo, I. (2016). Implementasi Sistem SCADA Untuk Pengendalian Jaringan Distribusi 20 KV. Jurnal Kajian Teknik Elektro, 1(1), 51–66.

. Studi, P., Elektro, T., Elektro, J. T., & Dharma, U. S. (2019). TUGAS AKHIR SCADA untuk Prototipe Sistem Parkir Mobil Multi Area Berbasis PLC M221 FINAL PROJECT SCADA FOR MULTI AREA PARKING SYSTEM PROTOTYPE BASED ON PLC.

. Syahrizal, E., & Amri, H. (2020). Analisa Rancang Bangun Sistem SCADA Pengontrolan Kelistrikan AC dan PC Laboratorium Pemrograman Gedung Elektro. INOVTEK - Seri Elektro, 1(1), 21.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v6i2.12934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.