ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA KELAS XI SMA/MA

Fadhila Uzlifati Matsna(1*), Mohamad Agung Rokhimawan(2), Setia Rahmawan(3)

(1) UIN Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga
(3) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Sari


Kemampuan Proses Sains (KPS) penting bagi setiap individu sebagai modal dasar untuk menyelesaikan permasalahan hidupnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  persentase  tingkat  penguasaan  keterampilan  proses sains (KPS) siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Wonogiri dalam pelaksanaan praktikum titrasi asam basa. Teknik  pengambilan  sampel  dengan  cara purposive  sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Wonogiri sebanyak 31 siswa. Penelitian dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Wonogiri pada materi titrasi asam-basa termasuk kategori sedang dengan rata-rata keseluruhan persentase 62,5%.


Kata Kunci


Keterampilan Proses Sains, Praktikum, Titrasi Asam Basa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrahams, I., & Millar, R. (2008). Does practical work really work? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30(14), 1945–1969. https://doi.org/10.1080/09500690701749305

Adiningsih, M. D., Karyasa, I. W., & Muderawan, I. W. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Praktikum Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 94. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21241

Agustina, U., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada Materi Laju Reaksi Menggunakan LKS Berorientasi KPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(3), 479–492.

Asrul, R, A., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Ciptapustaka Media.

Ayd, A., & Education, S. T. (2013). Representation Of Science Process Skills in The Chemistry. International Journal of Education and Practice. 1(5), 51–63.

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Creswell, J. W. (2002). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Sag Publications.

Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Erlangga.

Dimyati. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Djamarah, & Bahri, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061

Engel. (2014). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.

Fadiawati, N., Tania, L., Lampung, F. U., Prof, J., & Brojonegoro, S. (2017). Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Berdasarkan Kemampuan Kognitif. 6(1), 38–50.

Fatimah, F., Susilo, H., & Diantoro, M. (2016). Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Vii Dengan Pembelajaran Model Levels of Inquiry. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1706–1712.

Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669

Gusti Lanang Wiratma, I. (2015). Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 425–436. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4459

Juhji, J. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419

Koentjaraningrat. (1997). Metode-Metode Penelitian Masyarakat - Metode Wawancara. Gramedia Pustaka Utama.

Mei. (2007). Promoting science process skills and the relevance of science through science ALIVE! programme. Proceeding of the Redesigning Pedagody: Culture, Knowledge and Understanding Conference.

Moloeng. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mulyono. (2005). Kamus Kimia. Bumi Aksara.

Muntari, I., Kadaritna, N., & Sofia, E. (2017). Efektivitas LKS Pendekatan Saintifik Laju Reaksi dalam Meningkatkan KPS Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 212–226.

Nasution, U., & Casmini, C. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 103–113. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Ong, E. T., & Kenneth, R. (2005). Acquisition of Science Process Skills amongst Form 3 Students in Malaysian Smart and Mainstream Schools. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 28(1), 103–124.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC.

Rustaman, & Nuryani. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. JICA.

Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Nuha Medika.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumarti, S. S., Nuswowati, M., & Kurniawati, E. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Koloid Dengan Lembar Kerja Praktikum Berorientasi Chemo-Entrepreneurship. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 175–184. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2499

Suryani, & Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Ombak.

Susiwi. (2009). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Model Pembelajaran Praktikum D-E-H. Jurnal Pengajaran MIPA, 14, 87–104.

Tri Astuti, R., & Marzuki, H. (2018). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa Sma. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862

Ulfah, A., Sahputra, R., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid Di SMA. Program Studi Pendidikan Kimia Fkip Untan, 3–6.

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i1.9187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari