PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN FREE DISCOVERY DAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA

Imelda A. Suek(1*), Faderina Komisia(2), Anselmus B Baunsele(3)

(1) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(2) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(3) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar dan ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 pada materi hukum-hukum dasar kimia jika menggunakan model pembelajaran yang berbeda pada tiap kelas yaitu model pembelajaran Free Discovery dan Guided Discovery. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2,Teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan statistik, penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rote Timur. Hasil analisis diperoleh: Hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 dengan menerapkan model pembelajaran Free Discovery tuntas dengan nilai akhir yang diperoleh yaitu 85,78, hasil belajar peserta didik kelas X IPA 2 dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery tuntas dengan nilai akhir yang diperoleh yaitu 88,18, tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Free Discovery dan Guided Discovery pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X IPA dengan nilai thitung< ttabel (-3,109 < 2,024) atau sig > 0,05 (0,667 > 0,05).


Kata Kunci


Free Discovery; Guided Discovery

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

Irianto, A. (2009). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Miftakhul, D., Hasan, M., &Fitri, Z. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Materi Konsep Mol Kelas X di SMAN 9 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(3)

Onikarini, N. L. Y., Suardana, I. N., &Selamet, K. (2019). Komparasi Model Pembelajaran Guided Dan Free Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia

(JPPSI), 2(2), 80-91.

Purba, N. N. (2017). Pengaruh model Guided Discovery dan Free Discovery terhadap pengetahuan prosedural, pengetahuan metakognitif dan kesadaran metakognitif siswa pada materi sistem pernapasan SMA Negeri 7 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238.

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika

(Vol. 550259). cv. Mine.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i2.8059

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari