PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TALIBURA

Yohana Leonarda Somi Hokeng(1*), Kristina Tresia Leto(2), Kartini Rahman Nisa(3), Sunarwin Sunarwin(4), Febriyanti Febriyanti(5)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere
(4) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere
(5) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 1 Talibura Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah dari banyaknya populasi 50, sedangkan sampel penelitian ini ada dua puluh lima (50) siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 25 orang. Tehnik dari penelitian ini adalah menggunakan sampel atau (tehnik sampling jenuh). Penelitian ini menggunakan metode static group comparison design. Rancangan ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Setelah data terdistribusi normal, dilanjutkan dengan analisis homogenitas varians. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu sebesar 1,458 < 1,983. Dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengitung uji t dan diperoleh thitung > ttabel yaitu sebesar 7,142 > 2,0163, yang berrati H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembeljaran inkuiri terbimbing terhadap konsep pemahmaan konsep siswa pada materi larutan penyangga.


Kata Kunci


Pembelajaran, Inkuiri terbimbing, Pemahaman Konsep

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fharida (2018). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di Man 1 Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam. Banda Aceh.

Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Mustofa. (2010). Analisis Pemahaman Konseptual dan Pemahaman Algoritmik Materi Larutan Asam Basa, Buffer, dan Larutan Garam Siswa Kelas XI SMA N 3 Mojokerto serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikrokospik. UNM

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Noviana, N. E., & Solichin, M. R. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online (whatsapp dan zoom) terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(2), 60–6

Noviana, W. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS)

Popa, S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Suwawa

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung; Alfabeta

Suherman, Farida, F . S., & Zulfikar, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika dengan Media Articulate Studio’13. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan,3(1), 20–28.

Wati, D. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa SMA




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i2.7909

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari