PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XDI SMA NEGERI 1 NITA
(1) IKIP Muhammadiyah Maumere
(2) IKIP Muhammadiyah Maumere
(3) IKIP Muhammadiyah Maumere
(*) Corresponding Author
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Nita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dirancang dengan desainposttest-only control group. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Nita, sampel penelitian adalah kelas X MIA1 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran, dan X MIA2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan video pembelajaran yang diambil menggunakan teknik random sampling dan proposal sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes tertulis yang dilakukan setelah empat kali pertemuan. Alat pengambilan data dalam penelitian ini yaitusoal uraian kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan pemecahan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 77,27 dan 57,19. Kemudian menggunakan uji chi kuadrat dan uji Fisher untuk menguji tingkat normalitas dan tingkat homogenitas data untuk hasil posttest kemampuan pemecahan masalah. Setelah data dianggap normal dan homogen, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Analisis uji
hipotesis menghasilkan nilai thitung sebesar 5,795 dan ttabel sebesar 2,009 pada taraf signifikansi 5% dengan df 50. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel adalah 5,795 > 2,009, jadi H1diterima dan H0 ditolak. Dapat diputuskan bahwa penggunaan video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik MIA kelas X SMA Negeri 1 Nita
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Atik, D., Nurhayati, S., & Nuswowati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning Berbantu Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2149 - 2158. E-ISSN 2503- 1244
doi:https://doi.org10.15294/jipk.v12i1.15474
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Journal of Sainstek, 8(1), 77 - 84. Retrieved Rabu Januari, 2022, from doi:https://dx.doi.org10.31958/js.v8i1.443
Harefa, D., & La'ia, H. T. (2021, Mei). Media Pemebelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Maasalah Matematika Siswa. AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329-338. Retrieved Januari 2022, from http://dx.doj.org/10.37905/aksara.7.2.329-338.2021
Panggabean, D. D., & Ramadhani, I. (2021). Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA Dengan Whiteboard Animation. Media Sains Indonesia.
Sophia, A, Enawaty, E & Sartika, R.P. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemcahan Masalah Dalam Materi Perhitungan Kimia Pada Peserta didik Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, (2), Hal 2175-2723. . Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2175-2723. Retrieved Januari Rabu, 2022 from:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdp/article/view/24144/75671
Tanjung, H. S. (2018, Januari). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. IX(1), 110-121.Retrieved Januari Rabu, 2022, from:http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/articlr/donwload/148/136
Ulina, T. W., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. (2013). Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Oleh Peserta didik. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(6), 1-13. Retrieved Januari Rabu , 2022 from:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/2089/1248
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i2.7778
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari