INTEGRASI GAME CHIRALITY 2 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Sulistyaningsih Sulistyaningsih(1*), Mohamad Agung Rokhimawan(2), Setia Rahmawan(3)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi tingkat ketertarikan siswa pada penggunaan aplikasi Chirality 2 sebagai media untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran kimia khususnya pada materi hidrokarbon. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui (1) observasi, (2)kuesioner, (3) reflektif jurnal. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa responden merasa kesulitan memahami materi kimia terutama pada materi yang bersifat abstrak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 4,8% siswa suka bermain game chirality 2, sebanyak 71,4% agak suka, dan sebanyak 14,3% siswa tidak suka dengan game chirarity 2. Game chirality 2 dapat digunakan sebagai media pembelajaran kimia karena dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa. Penambahan fitur bahasa Indonesia dapat membantu pengguna dalam memahami cara kerja pada aplikasi Chirality 2.


Kata Kunci


Aplikasi, Hidrokarbon, Chirality 2

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, M. R. (2021). Posisi Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua Dan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Bagi Siswa SMP/MTs Se Kota Blitar. Jabn, 2(1), 66–79. https://doi.org/10.33005/jabn.v2i1.40

Boellaard, K. C., Tan, T. K., Yap, J., Loh, Y. P., Colasson, B., Blanc, É., Lam, Y., Fung, F. M., & Kailer, J. aw. (2020). Interacting with Three-Dimensional Molecular Structures Using an Augmented Reality Mobile App. Journal of Chemical Education, 97(10), 3877–3881. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00387

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.

Hamidah, N., & Irsan Barus, M. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 093 Mandailing Natal. Jurnal Literasiologi, 7(3), 56–68. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.316

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060

Hening, A., Santoso, A., Andoyo, A., & Ardana, Y. (2021). Sosialisasi dampak positif dan negatif game online bagi anak sekolah dasar. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 2(3), 89–95 http://www.jurnalpkmpemberdayaan.com/index.php/PkMLP3K/article/view/33

Hidayah, F. F., Imaduddin, M., Praptaningrum, D. N. W., & Ristanti, D. A. (2020). Cogenerative dialogue of cross-generation educators to improve chemistry teaching quality through technology. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 465–487. https://doi.org/10.17478/jegys.654941

Jones, O. A. H., Spichkova, M., & Spencer, M. J. S. (2018). Chirality-2: Development of a Multilevel Mobile Gaming App to Support the Teaching of Introductory Undergraduate-Level Organic Chemistry. Journal of Chemical Education, 95(7), 1216–1220. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.7b00856

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Bidang Studi Akuntansi. Manazhim, 1(1), 64–80. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i1.138

Nazar, M., Putri, R. I. C., & Puspita, K. (2020). Developing an android-based game for chemistry learners and its usability assessment. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(15), 111–124. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I15.14351

Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10

Nuriana Rachmani Dewi, & Masrukan. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Magister. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika,01(02),539–546. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Paristiowati, M., K, I. R., & Aftuni. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ict Pada Mata Pelajaran IPA-Kimia SMP Maria. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.21009/JRPK.011.03

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/article/view/28536

Romadhona, N., Qodriyah, L., Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Habiddin, D. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Malang pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi

Pendidikan Kimia, 14(2), 2645.

Shodiqin, R. (2016). Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis, 4(1), 36–52.https://jurnal.uin antasari.ac.id/index.php/maqoyis/article/view/792/pdf

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Suryanto, R. N. (2015). Dampak Positif Dan Negatif Permainan Game Online




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i2.7673

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari